Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 04 Mei 2015

Inilah Rencana Pengembangan Bandara Internasional Hang Nadim

Senin, 4 Mei 2015 (Sumber: Batam Today)

 
Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

BATAM, BP Batam - Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso, mengatakan, perluasan apron bandara sepanjang 240 meter dengan lebar 150 meter, yang direncanakan dibangun tahun 2015 ini, menelan anggaran sekitar Rp70 miliar.


"Penambahan apron hanya bagian kecil dari renovasi dan pembangunan bandara yang direncanakan BP Batam untuk meningkatkan salah satu fasilitas penunjang perdagangan bebas," kata dia, Sabtu (2/5/2015). 

Dengan penambahan apron tersebut, tambah dia, nantinya mampu menampung sekitar 30 pesawat jenis Boeing 737/A320 atau lebih dari 20 unit pesawat berbadan lebar.

Bandara Internasional Hang Nadim Batam saat ini memiliki landas pacu dengan panjang 4,025 kilometer dan  lebar 45 meter. Untuk luas apron mencapai 165 ribu meter persegi dan mampu menampung 18 pesawat berbadan lebar seperti Boeing 767.

Badan Pengusahaan (BP) Batam merencanakan pembangunan Terminal II Bandara Internasional Hang Nadim Batam dengan landas pacu dan apron mampu menampung pesawat Airbus A380 dengan kapasitas maksimal 1.000 penumpang (A380-900).

"Nantinya, landasan pacu akan lebih lebar dan apron lebih luas sehingga mampu menampung A380. Meskipun landas pacu yang ada saat ini juga sudah bisa didarati pesawat jenis itu, tapi belum ideal," kata Benny Syahroni, Staf Direktorat Perencanaan Pembangunan Badan Pengusahaan (BP) Batam. 

Meski belum cukup ideal, tambah dia, beberapa pesawat A380 tujuan Singapura pernah dialihkan dan mendarat di Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

Perencanaan terminal tahap dua Bandara Internasional Hang Nadim Batam akan dibangun pada sisi kiri terminal pertama dengan kapasitas delapan juta penumpang per tahun.

Direktur Perencanaan dan Pembangunan BP Batam, Imam Bachroni, mengatakan, sebelum melakukan pembangunan terminal kedua, terlebih dahulu akan melakukan peningkatan kapasitas terminal satu dari lima juta menjadi delapan juta per tahun serta perluasan apron.

"Nantinya tinggal diubah agar bisa lebih maksimal. Terminal ini memang dirancang mampu menampung delapan juta penumpang per tahun. Barulah akan dilakukan pembangunan terminal dua," tuturnya.
    
Berdasarkan data dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam yang dikelola BP Batam, jumlah penumpang tahun 2012 sebanyak 3,8 juta orang dengan 84 penerbangan reguler per harinya. Pada 2013 jumlah penumpang meningkat menjadi 4,1 juta penumpang dengan jumlah penerbangan mencapai 104 penerbangan per hari. Hingga akhir 2014 jumlah penumpang tembus angka 4,8 juta dengan 116 penerbangan reguler per harinya.  (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar