Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 31 Desember 2009

Protokoler Harus Handal

Kamis, 31 Desember 2009 ( sumber Batam Pos, klik versi asli )

BATAM CENTER (BP) - Deputi Administrasi dan Perencanaan Otorita Batam Ir Prijanto ME mengatakan tamu VIP (very important person) yang datang ke Batam, khususnya yang berkunjung ke OB semakin banyak. Untuk melayani tamu VIP tersebut, pegawai keprotokolan OB harus meningkatkan kinerja dan wawasannya.


Selain semakin banyak, juga terjadi pergeseran terhadap arti VIP. ”Jika dulu tamu VIP adalah tamu setingkat eselon 1, sekarang tamu anggota DPRD pun sudah masuk tamu VIP yang harus dilayani oleh protokoler,” kata Prijanto saat kepada peserta sosialisasi bidang keprotokolan yang digelar OB di Gedung Marketing, Rabu (30/12).


Sosialisasi ini digelar dalam rangka meningkatkan kinerja pegawainya di bidang keprotokolan serta menjelaskan petunjuk pelaksanaan ke protokolan di lingkungan OB. Sehingga, saat berlangsung satu acara, pelayanan dan pengaturannya sangat baik.


Hadir saat itu Ir Prijanto ME, Deputi Administrasi dan Perencanaan, Dwi Djoko Wiwoho, Kasubag Humas OB, Drs A Gani Lasya Kabiro Sekretariat dan Protokol, Ir Hani Kartadisastra MM, Pusdiklatpim PPMKP Ciawi Bogor dan lainnya.


Prijanto dalam sambutannya mengatakan, tugas seorang protokol bukan malah berkesempatan untuk melihat-lihat tamu undangan VIP yang hadir dalam suatu acara.


”Kalau menerima kehadiran presiden, jangan pula sibuk melihat presiden dan melupakan tugasnya sebagai protokol,” katanya.


Tugas protokol, kata Prijanto, menempatkan semua tamu dan undangan dengan benar. Dicontohkannya, jika menjadi protokol dalam semua acara kenegaraan dimana para pejabat negara hadir baik dari eksekutif maupun legislatif, maka posisi semua pejabat itu tak boleh salah.


”Tempat duduk satu anggota MPR saja salah, pengaruhnya luar biasa. Makanya, terlihat mudah, namun rumit. Jadi, ilmu keprotokolan itu harus dikembangkan. Tamu puas pulang dari acara, itulah keberhasilan kita,” ujar mantan protokol OB yang sudah menjamu Presiden Soeharto dan BJ Habibie itu.


Diky, Kasubag Protokol OB menjelaskan, protokol itu adalah serangkaian aturan dalam acara kenegaraan atau secara resmi yang meliputi aturan mengenai tata tempat, tata upacara dan tata penghormatan. (eri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar