Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 30 Desember 2009

Air Langsung Minum di Hang Nadim

Rabu, 30 Desember 2009 ( sumber Batam Pos, klik versi asli )


HANG NADIM (BP) - Bandara Hang Nadim memiliki fasilitas baru untuk warga yang hendak meninggalkan Batam melalui bandara itu. Fasilitas tersebut adalah drinking fountain. Dari boks yang menyerupai wastafel ini penumpang bandara yang sedang menunggu keberangkatan dan kehausan bisa meminum langsung air segar dari kran.


Fasilitas yang disediakan pengelola Bandara Hang Nadim dan PT Adhya Tirta Batam (ATB) itu satu-satunya yang tersedia di tempat publik bahkan di Batam. Drinking fountain itu diletakkan di pojok ruang tunggu keberangkatan. Tepat di samping pintu masuk sehingga setiap orang yang masuk ruang tunggu melewati dan melihatnya.


Ada dua kran yang tersedia pada drinking fountain itu. Satu menyediakan air dingin yang segar dan satunya lagi air hangat kuku. Untuk meminum air, kita cukup mendekatkan mulut ke kran lalu memencet tombol hingga air mengucur keluar.


Kepala Seksi Keamanan Dalam Bandara Hang Nadim M Bachtiar yang mencoba meminum air dari kran air dingin mengaku airnya segar.


”Fasilitas ini sudah tersedia sejak satu bulan lalu. Dari sini, air bisa langsung diminum. Jadi pe numpang yang sedang menunggu pesawat tidak perlu keluar-keluar lagi mencari air minum,’’ ujar M Bachtiar yang menemani Batam Pos melihat alat tersebut di Bandara Hang Nadim, Senin (28/12) lalu.


Terpisah, Humas ATB Batam Adang Gumilar mengatakan, drinking fountain itu sudah ada sekitar dua bulan lalu. Saat ini, fasilitas air minum langsung itu hanya tersedia di Bandara Hang Nadim. Jadi yang pertama dan satu-satunya di Batam. Fasilitas di bandara itu sebagai uji coba sebelum dipasang di tempat lainnya.


”Rencananya akan dipasang juga di beberapa tempat publik yang ramai didatangi orang seperti di terminal feri dan rumah sakit. Tahun depan, di Pelabuhan Batam Center,’’ jelas Adang, kemarin.


Untuk pemasangan di tempat yang ramai orang seperti kasawasan industri, ATB menunggu respon masyarakat.
Jika masyarakat memanfaatkannya fasilitas yang sudah tersedia di bandara dengan baik, ATB akan memasangnya di tempat lain secepatnya.


”Jadi kami tunggu kesan mayarakat. Tapi sesuai anjuran pemerintah ya di tempat-tempat umum dulu,” tuturnya..
Fasilitas seperti ini, ungkap Adang, sudah digunakan di kota-kota lainnya seperti Bogor dan Jakarta. (uma)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar