Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Selasa, 29 Desember 2009

Prospek Ekonomi di Tahun 2010

Selasa, 29 Desember 2009 ( sumber Batam Pos, klik versi asli )


Sektor Pariwisata Menjanjikan

Selain industri galangan kapal atau shipyard yang diprediksi makin moncer di tahun 2010, sektor pariwisata juga akan memberikan pengaruh cukup besar pada perkembangan ekonomi di Batam.


DEWI SARTIKA, Batam


Hal itu diungkap Uzersyah, Deputi PBI Bidang Ekonomi Moneter, Bank Indonesia Batam saat ditanya prospek ekonomi Batam tahun 2010. ”Tahun 2010, perekonomian Batam akan meningkat lagi. Target pertumbuhan 6 sampai 7 persen bisa tercapai,” kata Uzersyah yang ditemui, Senin (28/12).


Optimistis ini lanjut Uzer sapaan Uzersyah, lantaran perekonomian internasional sudah kembali tumbuh. Perekonomian negara tetangga Singapura yang memiliki banyak jaringan bisnis ke Batam juga sudah pulih. Umumnya industri di Batam berkantor pusat di Singapura. Jadi, pulihnya ekonomi negara ini sangat berdampak positif bagi Batam dan Kepulauan Riau umumnya,” jelasnya.


Hal itu ditandai dengan banyaknya perekrutan tenaga kerja. Dan order atau permintaan barang terus berdatangan dari luar negeri. ”Kita optimis industri di Batam tahun 2010 akan terus tumbuh,” ujarnya menegaskan.


Sementara untuk bisnis baru, Uzer mengatakan pariwisata adalah peluang baru. Apalagi penduduk Batam semakin padat, sehingga tempat hiburan dan wisata yang lokasinya yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal akan sangat dibutuhkan.
”Melihat tingginya minat masyarakat berkunjung ke waterpark di Ocarina, bukti bahwa pariwisata dibutuhkan masyarakat,” ungkapnya.


Hasilnya, sektor yang selama ini belum tergarap secara maksimal itu di tahun 2010 nanti akan memberikan pengaruh cukup besar pada perkembangan ekonomi. Jika pariwisata ramai, warung-warung makanan, pakaian hingga cinderamata tentu akan tumbuh.


Begitu dengan hunian hotel juga akan meningkat. Ditambah lagi sejumlah lembaga sosial mulai melirik Batam untuk tempat pertemuan.


”Konsumsi yang meningkat akan mendorong ekonomi. Termasuk juga pariwisata dari Malaysia dan Singapura,” tambah Uzer.
Agar berhasil maksimal, Uzer menyarankan pihak yang terkait terus berbenah diri. Pihak pemerintah menyediakan tempat dan objek yang layak dikunjungi dan menjual. Keamanan juga harus benar-benar terjaga. Paling utama ketersediaan sarana transportasi. ”Taksi argo tak bisa ditawar lagi. Semua armada taksi harus diargo, kalau tidak mau ya berhenti beroperasi,” katanya.


Sektor bisnis lain yang juga akan mengalami perkembangan cukup bagus di tahun 2010 ini adalah properti. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar