Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Selasa, 29 Desember 2009

Batam Butuh 761 Rumah Susun

Selasa, 29 Desember 2009 ( sumber Batam Pos, klik versi asli )

Kebutuhan tempat tinggal layak dan terjangkau di Batam, makin tinggi. Kepala Dinas Tata Kota Batam, Gintoyono mengatakan, setidaknya butuh 761 rumah susun (rusun) untuk memenuhi permintaan terhadap tempat tinggal di kota industri ini.


“Sebagian lahan sudah kita siapkan, sebagian lagi sedang diusahakan legalitasnya,” tutur Gintoyono saat ditemui Batam Pos di kantor Wali Kota Batam, Senin (28/12).


Menurut Gintoyono, setiap tahun jumlah rusun yang dibangun baru empat unit. Jadi untuk memenuhi kebutuhan tersebut masih dibutuhkan waktu yang lama.


Masih menurut Gintoyono, setidaknya tiap dua tahun pembangunan rusun tersebut membutuhkan dana Rp20,6 miliar. Dana tersebut berasal dari APBD yang diposting ke Dinas Pekerjaan Umum. Ada juga yang dari Kementerian Perumahan Rakyat dan Provinsi.


Hingga tahun ini, jumlah yang sudah dibangun 41 rusun yang tersebar di seluruh wilayah Kota Batam. Sementara yang sudah dihuni baru 30 rusun. Sisanya masih menunggu pemasa ngan listrik dan air bersih.
“Dari jumlah keseluruhan yang sudah dibangun masih sangat jauh bila dibanding dengan kebutuhan,” ujar Gintoyono.


Untuk rusun yang dibangun di sekitar industri seperti Muka Kuning, tingkat huniannya mencapai 100 persen. Sedangkan untuk yang di Sekupang masih peru sosialisasai agar tingkat huniannya sama seperti di Muka Kuning. (cr1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar