Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 30 Desember 2009

Masuk Pertengahan Januari





Written by anton
Rabu, 30 Desember 2009 ( sumber Tribun Batam, klik versi asli )

ANGGOTA Bidang Sarana, Prasarana, dan Investasi BP Batam, I Wayan Subawa, mengharapkan gula impor sudah masuk ke Batam sekitar pertengahan Januari 2010. Ini dikarenakan mekasime dan aturan impor sudah ditetapkan oleh Dewan Kawasan FTZ.

“Semua pengimpor harus memiliki surat izin. Sekitar 5.000 ton gula impor nanti diharapkan bisa masuk ke Batam. Mudah-mudahan pertengahan Januari sudah bisa beredar di masyarakat. Tetapi jangan salah, masuk ke Batam itu harus melalui pelabuhan,” ujarnya saat dihubungi, Selasa (29/12).

Menurutnya, tiga importir sudah memiliki surat izin dan sedang diproses. Sementara tiga importir lainnya ditunggu sampai 8 Januari 2010 mendatang. Kemudian jika para importir belum bisa mendapat surat izin, mereka tidak bisa melakukan usaha impor.

“Ya dalam usaha kan harus ada surat izinnya. Kalau belum lengkap mereka harus melengkapi surat-suratnya,” ujarnya menegaskan.

Namun kata Wayan, perusahaan tersebut akan diseleksi dan dipilih sesuai syarat-syarat yang berlaku, di antaranya kekuatan modal, areal, dan luas gudang perusahaan, hingga kemampuan melakukan impor jenis gula.

Mengenai komoditi gula dari negara mana yang akan menjadi target impor, Wayan mengaku masih belum ditentukan. Namun kemungkinan besar gula asal Thailand mengingat gula jenis kristal tidak ada di Singapura.

Nantinya, pemerintah akan menjatahkan importir yang lulus untuk melakukan impor gula, sesuai kemampuan. Jatah Batam sebanyak 5.000 ton gula impor tadi akan dibagi kepada perusahaan-perusahaan yang sudah ditunjuk sebagai importir.

Menurutnya, jika gula impor sudah masuk dan beredar di Batam, tentunya harganya jauh lebih murah dari gula lokal.(tia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar