Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 31 Desember 2009

FTZ BBK SIAP HADAPI FTA


Batam, 30/12 (ANTARA) - Kawasan Perdagangan Bebas Batam, Bintan dan Karimun (FTZ BBK) siap menghadapi Kesepakatan Perdagangan Bebas (Free Trade Agreement yang dimulai 1 Januari 2010.

Hal itu dikatakan Ketua Dewan FTZ BBK Ismeth Abdullah usai menghadiri zikir dan doa bersama anak yatim di Batam, Rabu.

"Kita paling siap menghadapi FTA, karena produksi kita 95 persen ekspor," kata Ismeth.

Menurut dia, FTA tidak akan membawa dampak negatif kepada dunia usaha FTZ BBK. Produk FTZ BBK siap bersaing dengan produk dari negara lain.

Justru, kata dia, FTA membawa dampak positif untuk FTZ BBK, karena produk yang dihasilkan di FTZ BBK bebas masuk China dan negara lain.

"Tidak perlu khawatir dengan FTA, kita siap. Memang tidak 100 persen, karena tidak ada yang 100 persen," kata Gubernur Kepulauan Riau itu.

Sebelumnya, di Jakarta, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) meminta anggotanya untuk bersiap menghadapi dampak "Free Trade Agreement" (FTA) yang akan berlaku 1 Januari 2010.

"Masalah FTA. Kita musti waspada dampak dari FTA ini," kata Ketua Umum Kadin MS Hidayat.

Ia meminta para pengusaha yang tergabung dalam organisasi ini ikut mengawasi dengan seksama pelaksanaan FTA yang akan diterapkan pada 1 Januari antara sesama negara di ASEAN dan antara ASEAN dengan China.

Hal yang perlu menjadi perhatian, menurut dia, dampak dari pelaksanaan FTA terhadap keberlangsungan usaha di tanah air.

Ia meminta agar pengusaha bersiap diri mengantisipasinya seperti menyelesaikan masalah "technical barrier" (hambatan teknis). ***2***

(T.Y011/B/R007/R007) 30-12-2009 16:33:46 NNNN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar