Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Jumat, 22 Januari 2016

Jaga Ketersedian Air, BP Batam Fokus Perbaiki Dam

Jum'at, 22 Januari 2016 (Sumber: Batam Pos)

 


batampos.co.id - Tahun ini Badan Pengusahaan (BP) Batam akan fokus dalam memperbaiki dam sebagai sumber air bersih di Batam. Perbaikan itu dalam bentuk pengerukan, penghijauan, pembersihan, dan desalinasi akan dilakukan untuk menjaga pasokan air bersih di Batam.

”Tahun ini memang kita akan melakukan pemeliharaan dam. Kita ingin ketersediaan air bersih kita tetap terjaga,” kata Purnomo Andiantono, Direktur Humas dan Promosi BP Batam di kantornya, Rabu (20/1).

Andi mengatakan yang eceng gondok yang ada di dam akan tetap dibersihkan tahun ini. Sementara untuk pengerukan, Andi mengaku akan dimulai dengan dam yang mengalami sedimentasi paling banyak. Tetapi ia menegaskan bahwa pada dasarnya semua dam sudah mengalami pendangkalan.

”Sudah semua waduk mengalami pendangkalan. Tetapi kemungkinan Dam Seiharapan yang duluan dikeruk,” katanya.

Andi berharap kepada warga yang masih memiliki keramba di Dam Duriangkang untuk segera membongkar sendiri sebelum petugas Ditpam melakukan penertiban.

“Keramba, tanaman di sekitar dam akan ditertibkan. Kita akan melakukan pemeliharaan. Eceng gondok dan keramba akan dibersihkan dari dam,” katanya.

Haripinto, anggota DPD RI dari dapil Kepri ketika berkeliling di Dam Duriangkang beberapa waktu lalu juga menegaskan, memang dam tersebut sudah harus dipulihkan. Banyaknya pembalakan dan bangunan liar di sekitar dam sangat menganggu kelangsungan dam.

”Memang harus dihijaukan. BP Batam harus berpikir jangka panjang. Ileggal logging di sekitar dam harus dihentikan,” katanya.

Menurut Haripinto, pendangkalan di semua dam memang harus menjadi perhatian serius dari pemerintah. Di mana air menjadi kebutuhan pokok warga termasuk untuk menunjang investasi di Batam.

”Masalah air ini,  harus dipikirkan untuk puluhan tahun kedepan. Bukan hanya berpikir dalam waktu singkat,” katanya. (cr17)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar