Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 27 Januari 2016

Direncanakan Sejak 2007, Baru Disetujui 2016

Rabu, 27 Januari 2016 (Sumber: Batam Pos)


FOTO: istimewa
ilustrasi jalan tol


batampos.co.id - Rencana pembangunan jalan tol Batam ini mengalami pasang surut. Wacana ini sebenarnya sudah digaungkan BP Batam sejak 2007 lalu. Saat itu BP Batam sudah memprediksi bakal terjadi kemacetan lalulintas di Batam dalam beberapa tahun kemudian.

BP Batam pun langsung mengajukan rencana ini ke pusat dan mengadakan studi kelayakan. Namun pemeirintah pusat tak langsung merespon.

BP Batam kembali mereview studi kelayakan pembangunan jalan tol Batam pada 2013. Namun lagi-lagi pemerintah pusat belum memasukkan usulan pembangunan jalan tol Batam dalam daftar rencana proyek strategis nasional.

Baru pada 2015, Bappenas memasukkan usulan proyek jalan tol Batam ke dalam daftar rencana prioritas pembangunan nasional. Hal ini kemudian disahkan oleh Presiden Jokowi melalui Inpres Nomor 1 Tahun 2016 dan Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional pada tanggal 8 Januari lalu.

Selain jalan tol Batam, ada 46 proyek jalan tol lainnya yang masuk dalam daftar rencana pembangunan yang disetujui Jokowi melalui Inpres tersebut. Proyek jalan tol ini tersebar di Pulau Jawa, terutama di DKI Jakarta, dan Pulau Sumatera. (ian)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar