Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 06 November 2013

20 Persen Jalan di Batam Rusak


Jalan rusak di Jalan Duyung yang menghubungkan Jodoh dan Batuampar, di samping Mapolsek Batuampar kian parah. Kondisi jalan ini membahayakan pengendara.

5 November 2013 (Sumber : Batam Pos)

Dari panjang total jalan di Kota Batam 1.080 kilometer, hampir 215 kilometer atau sekitar 20 persennya rusak parah. Di antaranya di jalan Duyung Batu Ampar, Batu Aji, Sagulung, Sei Beduk.
Direktur Perencanaan Tehnik Badan Pengusahaan Batam, Istono, Jalan Duyung di Batu Ampar parah dan sering menimbulkan kecelakaan lalu lintas, serta mobil-mobil pengangkut barang berat (kontainer) jadi pengaruh jalan tersebut rusak. Ruas jalan Duyung tersebut seperti tak bertuan, karena belum diketahui apakah jalan tersebut jalan arteri, korektor, atau jalan lingkungan.
Jalan arteri menjadi tanggung jawab pemerintah pusat, jalan kolektor menjadi tanggung jawab Pemprov Kepri  sementara jalan lingkungan menjadi tanggung jawab Pemko Batam.
“Jika jalan tersebut masuk jalan arteri tentu perbaikannya oleh pemerintah pusat,” katanya.

Dalam hitung-hitungan Istono, perbaikan jalan atau overlay sepanjang 100 kilometer memerlukan anggaran sekitar 150 milyar. Jika ada 200 kilometer di Batam, berarti perlu anggaran Rp. 300 Milyar. “Overlay ini untuk setiap interval waktu 3-5 tahun,” ujar Istono.
Menurutnya, pemerintah pusat tentu tidak lepas tangan dengan jalan-jalan arteri yang ada saat ini.
Terkait penghentian pembangunan jalan oleh BP kawasan sesuai SK Menteri PU Nomor 38/2009, Istono menyatakan bahwa keputusan itu tidak berarti BP kawasan tidak membantu. BP Batam tetap membantu karena jalan ateri menjadi tanggung jawab Kementerian Pekerjaan Umum Pusat.
“Prinsipnya, BP memberi dukungan ke Pemko agar ada anggaran yang turun dari pusat untuk pembangunan jalan di Batam,” ujarnya. (cr4)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar