Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 12 Agustus 2015

BP Batam Mulai Bongkar Pelabuhan Telagapunggur

Rabu, 12 Agustus 2015 (Sumber: Antara Kepri)

Batam (Antara Kepri) - Badan Pengusahaan (BP) Batam mulai membongkar bangunan terminal Pelabuhan Umum Telagapunggur untuk selanjutnya dibangun gedung baru tiga lantai dengan anggaran sekitar Rp64 miliar.


"Seluruh aktivitas sudah dipindah ke terminal sementara sejak hari ini. Gedung yang lama mulai dibongkar," kata Syahbandar Pelabuhan Umum Telaga Punggur, Erwin Sjafrizal di Batam, Senin.

Ia mengatakan, pihak BP Batam selaku pemilik pelabuhan memang merencanakan pembangunan gedung baru pada lokasi gedung lama dengan bangunan tiga lantai mengingat terminal lama dinilai sudah tidak layak lagi.

"Agar pelayanan penumpang tetap bisa terlayani, maka sudah disiapkan terminal sementara. Jadi kegiatan penyeberangan tidak terganggu," kata dia.

Meskipun bersifat sementara, terminal yang saat ini digunakan juga dilengkapi sejumlah fasilitas memadai termasuk alat pemindai (x-ray).

Pantauan dilokasi, sejumlah pekerja nampak mulai membongkar gedung satu laintai yang dibangun dengan rangka besi tersebut. Satu-persatu besi berukuran besar dipotong kemudian diangkut dengan truk.

Sementara itu, lokasi penjualan tiket, petugas pelabuhan, kantin, ruang tunggu, semua sudah dipindahkan ke terminal sementara yang menempati sebagian gedung lama pada sisi kiri.

Sebelumnya BP Batam menyatakan proyek pengembangan Pelabuhan Domestik Telagapunggur akan memiliki standar fisik seperti Pelabuhan Internasional Sekupang dengan tiga lantai.

Berdasarkan data yang disampaikan BP Batam, luas bangunan lantai satu Terminal Telaga Punggur adalah luas 2.997 meter persegi yang akan dimanfaatkan untuk areal kedatangan, parkir inap, toko, kantor pengamanan.

Selanjutnya lantai II dengan luas bangunan 3.031 meter persegi digunakan untuk areal keberangkatan, UPT Pelabuhan Laut, Karantina, Syahbandar, P2K, Bea dan Cukai, tempat ibadah, ruang VIP, serta kawasan komersial.

Untuk lantai III dengan luas bangunan 3.031 meter persegi digunakan untuk kawasan kedatangan calon penumpang, dan kawasan penjualan tiket feri.

"Nanti kecuali pemegang tiket tidak akan bisa masuk hingga kawasan ruang tunggu pelabuhan. Untuk masuk menggunakan kode khusus yang menyatu dengan tiket," kata Staf Direktorat Perencanaan Pembangunan Badan Pengusahaan (BP) Batam Benny Syahroni.(Antara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar