Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 26 Agustus 2015

BI Dukung Kendali BP Batam Kembali di Bawah Presiden

Selasa, Rabu 26 Agustus 2015 (Sumber: Tribun Batam)

BI Dukung Kendali BP Batam Kembali di Bawah Presiden 

TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM- Rencana pemerintah pusat mengembalikan fungsi koordinasi serta kendali dari BP Batam langsung kepada presiden‎ dinilai positif oleh Bank Indonesia Kantor Perwakilan (Kpw) Kepri.

Menurut Kepala BI Kpw Kepri, Gusti Raizal Eka Putra jika hal tersebut terealisasi maka akan menerobos masalah-masalah yang ada sekarang ini.

"Pusat melihat ada sesuatu yang salah dari FTZ ini. Bahwa ternyata kemudahan ini belum memberikan sesuatu yang optimal terhadap pengembangan ekonomi Kepri‎ dengan adanya FTZ di Batam, Bintan Karimun," ujarnya.

Dulu saat BP Batam masih menjadi Otorita Batam, kendali berada di bawah presiden langsung, sebelum akhirnya diberikan ke Dewan Kawasan (DK).

Hal tersebut berimplikasi pada hal-hal yang mungkin tidak dapat lagi dilakukan BP Batam karena adanya kebijakan daerah.

"Jadinya BP Batam tidak efektif lagi. Menjadi lambat. ‎Kalau semua di bawah presiden, hal ini bisa menerobos permasalahan-permasalahan yang ada sekarang ini. Akan langsung ada kebijakan untuk mengefektifkan kawasan ini. Ini sesuatu hal yang positif, konsen pemerintah pusat inging melanjutkan cita-cita yang digariskan oleh pendiri FTZ, itu pak Habibie," tutur Gusti.

Menurut Gusti rencan pemerintah pusat tersebut lebih kepada keinginan agar perkembangan Batam tetap on the track sesuai pembuatan awalnya.

"Rencana itu tentu bukan cuma untuk memberi dampak positif pada perekonomian di sini, tapi perkembangan ekonomi nasional juga," kata Gusti. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar