Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 24 Agustus 2015

Beralih Fungsi, Izin Penggunaan Lahan Dicabut

Senin, 24 Agustus 2015 (Sumber: Batam Pos)

Foto: Dalil Harahap 

batampos.co.id – Izin usaha pembuatan taman yang disalahgunakan dan dialihfungsikan  menjadi kios liar akan dicabut oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam. Langkah tersebut sebagai upaya BP Batam menyikapi menjamurnya kios liar.


”Pihak BP Batam akan mencabut itu (izin yang disalahgunakan peruntukannya). Ini sudah dibicarakan serius,” kata Purnomo Andiantono, Direktur Humas dan Promosi BP Batam, kemarin.
Menurut Andi, ada beberapa titik yang dibangun kios tidak memiliki izin. Maka, untuk penertiban kios liar ini, BP Batam sedang rapat dengan tim terpadu yang melibatkan semua instansi terkait.

Dia menyebutkan, BP sudah mencabut beberapa izin yang sudah sempat dikeluarkan karena menyalahgunakan izin peruntukannya. Misalnya, pencabutan izin penggunaan buffer zone di Simpang Patung Kuda, Seipanas. Di sana izinnya hanya untuk penghijauan atau taman bunga, tetapi malah disalahgunakan membangun kios. ”Pasti akan ditertibkan karena masalah kios ini juga menjadi perhatian serius BP Batam,” katanya.

Saat ini, ada beberapa titik yang dibangun kios dengan menyalahgunakan izin, bahkan ada yang tidak memiliki izin sama sekali. Ini ada hampir di semua kecamatan. Di Kecamatan Batamkota seperti di Simpang Patung Kuda, Seipanas, Simpang Frengki, Simpang Kara, dan Pasir Putih. Di Bengkong ada di BMC Seraya Atas. Di Sagulung ada ratusan kios liar yang berdiri di pinggir jalan seperti di Pasar Mandalay. Kios ini bahkan permanen. Padahal, lokasi ini peruntukannya untuk taman.

Di Kecamatan Batuaji, titik-titik kios liar seperti di sekitar lampu merah Simpang Basecamp dan daerah Fanindo. Simpang Basecamp ini belum beroperasi tetapi di Fanindo sudah beroperasi. Sedangkan di Kecamatan Sekupang juga banyak.

Sebagian besar di Tiban, seperti kios liar di Tiban BTN-Mentarau yang masih dalam pembangunan. Selain itu juga ada di daerah Tanjungriau yang peruntukannnya untuk row jalan.

Sementara yang paling banyak adalah di Kecamatan Seibeduk. Ratusan kios dibangun di pinggir jalan besar dekat parit menuju Tanjungpiayu. Kios-kios ini sudah banyak dihuni, meski ada sebagian yang masih dalam pengerjaan. Ada juga puluhan kios liar di kawasan Bukit Kemuning yang sudah siap huni. (ian)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar