Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Jumat, 04 Maret 2016

Banggar DPR Berkunjung, BP Batam Usulkan Rp 3 Triliun Bangun Pelabuhan Tanjung Sauh

Jum'at, 4  Maret 2016 (Sumber: Batam News)


Pelabuhan peti kemas Batu Ampar, Batam. (Foto: Ist)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Pembangunan pelabuhan bongkar muat peti kemas Tanjung Sauh, Batam, Kepri, kembali mengemuka.  BP Batam kembali mengajukan anggaran hingga Rp 3 triliun saat kunjungan Badan Anggaran DPR RI ke Batam, 3 Maret 2016.

Badan Anggaran DPR RI menggelar rapat tertutup bersama Kepala BP Batam Mustofa Widjaja dan pejabat BP Batam lainnya.

Rapat yang di gelar hampir dua jam tersebut salah satunya kembali membahas perencanaan pembangunan pelabuhan trasshipment peti kemas Tanjung Sauh.

"Tadi salah satunya di bahas soal pembangunan pelabuhan transshipment, dan memang wacana tersebut gagal-gagal terus. Anggaran yang di ajukan sebesar Rp 3 Trilliun," ujar Wakil Ketua Banggar DPR RI, H. Jazilul Fawaid, usai rapat, Kamis (3/3/2016).

Badan Anggaran DPR RI sendiri sangat setuju dengan dibangunnya pelabuhan transshipment sebagai salah satu infratruktur, apalagi Kota Batam merupakan salah kota industri. Namun, untuk saat ini belum bisa dianggarakan.

"Untuk tahun ini belum bisa dianggarkan, karena jumlah yang dibutuhkan cukup besar," kata Jazilul Fawaid.

Ia mengatakan, Pemerintah Pusat bercita-cita dan menginginkan Kota Batam melaju dengan pesat. Sebab, saat ini lajunya perkembangan di Batam dinilai masih sangat lambat.

"Kita ingin bercita-cita Batam ini melaju melesat. Tapi saat ini kan kecepatannya kira-kira spedometernya baru 40 kilometer," ujar Jazilul Fawaid.

Jazilul Fawaid menambahkan, Kota Batam ini merupakan sesuatu yang berbeda, Batam di fasilitasi oleh Free Trade Zone (FTZ). 

Jadi, BP Batam harus menunjukkan performance yang lebih seperti mengundang investor asing maupun pihak swasta masuk ke Batam dengan jumlah yang lebih banyak lagi.

Beberapa waktu lalu pembangunan pelabuhan Tanjung Sauh sempat digadang-gadangkan namun gagal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar