Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Selasa, 01 Juni 2010

Menanti Lahan Gratis dari OB


Persoalan ini hampir tiap tahun terjadi. Baik Wali Kota Batam Ahmad Dahlan maupun Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam Muslim Bidin pada setiap kesempatan menyebutkan, untuk membangun USB pihaknya terkendala lahan. Namun , Otorita Batam (OB) selaku pemegang hak pengelolaan lahan (HPL) di Batam justru mengklaim tetap memberikan prioritas utama untuk peruntukan lahan sektor pendidikan di Kota Batam.


Kabag Humas OB/BP Batam Joko Wiwoho mengatakan, pengalokasi lahan untuk dunia pendidikan di Batam, pihaknya selalu mendukung sesuai dengan permintaan Pemko Batam.


Bahkan untuk peruntukan lahan bagi pendidikan, OB memberikan secara gratis alias bebas Uang Wajib Tahunan Otorita (UWTO). ”Ini menunjukkan OB sangat peduli pada dunia pendidikan,” jelasnya, Selasa (18/5).


Joko juga menjelaskan, pengalokasian lahan secara cuma-cuma itu juga berdasarkan Rencana Tata Ruang dan hasil koordinasi dengan Pemko Batam. Bahkan setiap kali musrenbang OB juga selalu dilibatkan.


Hanya saja masalahnya, lanjut Joko, lahan yang dialokasi OB itu tidak semuanya sudah dimatangkan. Ini juga berlaku pada investor yang membeli lahan tanpa dimatangkan lebih dahulu.


Selain itu, OB juga telah membuat kebijakan bahwa setiap pengembangan di Batam wajib menyediakan 6 persen lahan untuk kebutuhan fasilitas umum dan sosial. ”Pemko bisa membangun sekolah di lahan itu,” katanya.


Berdasarkan data dari Direktorat Lahan OB hingga 2009, tercatat ada 92 titik (lokasi) yang sudah dialokasikan untuk pendidikan di Batam. Lahan tersebut tersebar di 9 kecamatan yang ada di Kota Batam, yakni Kecamatan Sekupang ada 9 lokasi, Kecamatan Batam Kota (9), Kecamatan Nongsa (7). Kemudian Kecamatan Seibeduk (9), Kecamatan Sagulung (12), Kecamatan Batuaji (9), Kecamatan Bengkong (13), Kecamatan Batuampar (6), dan Kecamatan Lubukbaja ada 12 lokasi.


Peruntukan luas lahan yang diberikan OB di tiap lokasi berbeda-beda mulai dari 172,07 m2 hingga 52.000 m2. Peruntukan yang paling luas yakni untuk pembangunan SMA Model di samping Perumahan OMA Batam Centre, luasnya 52.000 M2. Total lahan yang sudah dialokasikan untuk 92 titik seluas 451.813 M2. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar