Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 23 Juni 2010

ASEAN SME`S EXPO DI PULAU PESISIR BATAM

Batam, 22/6 (ANTARA) - Pameran kegiatan UMKM ASEAN atau ASEAN Small, Medium Enterprise`s Expo diselenggarakan di pulau pesisir Kota Batam, Pulau Penawar Rindu, Belakang padang, 1-4 Juli 2010.

"ASEAN SME`s Expo kali ini berbeda dengan penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, karena kami adakan di Belakang Padang," kata Ketua Kamar Dagang dan Industri Daerah Batam , Nada Faza Soraya di Batam, Selasa.

Pulau Penawar Rindu dipilih sebagai tempat penyelenggaraan ASEAN SME`s Expo karena lokasinya berdekatan dengan Singapura dan Pulau Sanbu.

Pulau Penaar Rindu juga memiliki sejarah bagi pembangunan Kota Batam.

"Kami ingin mengenalkan pulau lain selain Batam, karena pulau itu juga memiliki potensi yang bagus," kata Nada Faza Soraya .

ASEAN SME`s Expo, kata dia, diikuti enam negara ASEAN yaitu Singapura, Brunei Darussalam,Kamboja, Myanmar, Malaysia serta tuan rumah Indonesia .

"Tahun ini, peserta pameran minus Thailand yang membatalkan jadwal," kata Nada.

Perwakilan negara tetangga, kata dia, akan memamerkan hasil industri usaha kecil menengahnya dalam pameran tahunan itu.

Selain lima negara tetangga, sebanyak 20 UMKM binaan Kadin Batam dan Kepri juga mengikuti pameran berskala internasional itu .

ASEAN SME`s Expo diselenggarakan berbarengan dengan International Sea Eagle Boat Race, perlombaan perahu layar yang juga diikuti negara tetangga.

ASEAN SME`s Expo 2010 juga menawarkan serangkaian kegiatan pariwisata untuk menarik perhatian turis mancanegara.

"Nanti ada replika kapal Ceng Hoo yang akan mengantar peserta pameran dan ISEBR untuk keliling Kepulauan Batam," kata Nada.

Sementara itu, Ketua Pelaksana SEBR 2010 Buralimar mengatakan mengatakan ingin menghidupkan tempat pariwisata Melayu Pulau Penawar Rindu.

"Jangan hanya Batam yang dikenal, tapi Pulau Penawar Rindu juga harus dikenal," kata dia.

Pulau Penawar Rindu, kata dia, memiliki daya tarik tersendiri karena memiliki pemandangan Singapura dan bersebelahan dengan Pulau Sanbu.

Tiga tim Eagle Boat Race dari Malaysia sudah memastikan untuk mengikuti ajang tahunan yang memperebutkan hadiah total Rp40 juta.

Sedangkan tim Kanada dan beberapa negara Eropa membatalkan keikutsertaan dalam ISEBR karena pada saat yang bersamaan juga diadakan pertandingan serupa di Singapura.

Y011/B/A011) (T.Y011/B/A011/A011) 22-06-2010 13:11:22 NNNN

Copyright © ANTARA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar