Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Selasa, 01 Juni 2010

Atap menjid raya segera diganti

Ditulis oleh Redaksi , Senin, 31 May 2010 09:13

BATAM CENTRE (BP) - Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalu Dinas Tata Kota (Distako) Batam segera memperbaiki Masjid Raya Batam Centre.

”Sekarang sudah dalam proses lelang. Dalam sebulan ke depan sudah mulai dikerjakan,” jelas Kepala Distako Batam Gintoyono, kemarin.

Pemko sendiri menganggarkan Rp4 miliar untuk perbaikan masjid kebanggaan masyarakat Batam itu. Perbaikan ini meliputi penggantian seluruh atap serta pengecatan bagian luar masjid.

Gintoyono mengatakan, kendati Masjid Raya dibangun Otorita Batam (OB) dan berdiri di atas lahan OB, namun pengelolaannya oleh yayasan. ”OB tak ada anggaran untuk pemeliharaan Masjid Raya. Jadi Pemko Batam yang melakukannya,” ungkap Gintoyono.

Masjid Raya, lanjut Gintoyono merupakan aset dan juga ikon Kota Batam. Selain itu, rumah ibadah ini juga menyangkut umat orang banyak. ”Kita tak bisa membiarkannya telantar atau rusak,” tukasnya.

Selain demi kenyamanan umat yang beribadah, renovasi Masjid Raya juga merupakan bagian perbaikan perwajahan atau estetika Kota Batam. Perbaikan ini, dianggarkan berdasarkan kesepakatan Pemko dan DPRD.

Masjid Raya berdiri di atas lahan seluas lebih kurang 75.000 m2. Kapasitas di dalam masjid bisa menampung 3.500 jamaah dan kapasitas di luar masjid lebih kurang 15.000 jamaah. Untuk memudahkan penyandang cacat, terutama pemakai kursi roda, disediakan ramp atau jalan landai tanpa anak tangga menuju ruang utama masjid. (vie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar