Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 30 April 2015

Ribuan Warga Kampung Tua Nongsa Mulai Bergerak

Kamis, 30 April 2015 (Sumber: Batam Today)

demo-kampung-tua-nongsa.jpg
BATAMTODAY.COM, Batam - Curah hujan yang mengguyur di Batam tidak menyurutkan semangat warga menuntut legalitas lahan kampung tua. Ribuan warga di Nongsa, mulai bergerak menuju kawasan Engku Putri, Batam untuk menyuarakan tuntutan mereka, Kamis (30/4/2015) pagi.

Sebelum berangkat, ribuan warga ini ini memadati lapangan sepakbola Batubesar sebagai titik kumpul dari 14 titik kampung tua di Nongsa. Mereka menyerukan "Kampung Tua Kami Harga Mati''. 

Amiluddin, Koordinator Aksi 33 titik Kampung Tua menyerukan Hari Marwah di tahun 2015 ini merupakan hari yang bersejarah dalam memperjuangkan hak warga.

"Oleh sebab itu, di masing-masing kampung tua sudah memiliki masing-masing koordinator. Jika ada sesuatu segera laporkan, sehingga perjuangan kita hari ini tidak dikotori oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab," jelasnya saat berorasi.

Dalam penyampaian tuntutan, tambah Amiluddin, diharapkan warga tidak cepat emosi yang dapat mengakibatkan terjadinya aksi anarkis. Sebelum bergabung ke kawasan Engku Putri, mereka  juga akan memperjuangkan hak masyarakat kampung Jabi memperoleh air bersih dari pihak ATB di Sukajadi. 

Sementara itu, Kapolsek Nongsa Komisaris Polisi Arthur Sitindaon mengimbau kepada masyarakat yang melakukan aksi dapat membuat suasana tertib, damai dan tentram. 

Ia juga mengimbau, pergerakan warga tidak sambil minum-minuman keras, membawa senjata tajam sertaa menggunakan narkoba. Saat berkendara, tambahnya kembali harus mematuhi aturan berlalu lintas. 

 "Jangan sampai kegiatan yang kita anggap suci digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Miras, sajam dan narkoba dapat membahayakan diki kita sendiri maupun orang lain," tuturnya. 

Pihak kepolisian, khususnya Polsek Nongsa, kata Arthur, mendukung apa yang menjadi cita-cita warga kampung tua dan akan mengawal perjuangan sampai tujuan. 

Pukul 08.30 WIB, warga bergerak menuju gedung ATB di Sukajadi menumpang puluhan truk dan bus serta ratusan kendaraan roda dua bergerak dengan tertib menuju jalan raya dan mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar