Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Jumat, 17 April 2015

Pelabuhan Baru Punggur Dilengkapi Parkir 500 Mobil

Jum'at, 17 April 2015 (Sumber: Antara Kepri)

Oleh: Larno

Batam (Antara Kepri) - Badan Pengusahaan Batam akan melengkapi  Pelabuhan Telaga Punggur baru dengan areal parkir berkapasitas 500 mobil dan 200 sepeda motor untuk menyesuaikan dengan banyaknya pengguna jasa feri yang menginapkan kendaraannya.


"Selama ini kapasitas parkir kurang. Sehingga pelabuhan sesak dengan mobil yang diparkir inap dan taksi yang mengante menunggu penumpang. Terminal yang akan dibangun tahun ini kapasitas lahan parkirnya luas," kata Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam, Ilham Eka Hartawan di Batam, Kamis.

Ia mengatakan, lahan parkir kawasan pelabuhan yang akan dibangun terminal tiga lantai pada tahun ini menggunakan lahan seluas 2,2 hektare.

"Nantinya lantai satu hampir seluruhnya dijadikan areal parkir. Termasuk kawasan d iluar gedung terminal yang akan dibangun tahun ini dengan anggaran Rp57 miliar," kata dia.

Berdasarkan data yang disampaikan BP Batam, luas bangunan lantai satu Terminal Telaga Punggur adalah luas 2.997 meter persegi yang akan dimanfaatkan untuk areal kedatangan, parkir inap, toko, kantor pengamanan.

Selanjutnya lantai II dengan luas bangunan 3.031 meter persegi digunakan untuk areal keberangkatan, UPT Pelabuhan Laut, Karantina, Syahbandar, P2K, Bea dan Cukai, tempat ibadah, ruang VIP, serta kawasan komersial.

Untuk lantai III dengan luas bangunan 3.031 meter persegi digunakan untuk kawasan kedatangan calon penumpang, dan kawasan penjualan tiket feri.

Staf Direktorat Perencanaan Pembangunan Badan Pengusahaan Batam, Benny Syahroni sebelumnya mengatakan kondisi lahan yang digunakan untuk pelabuhan berada jauh lebih rendah dibanding jalan utama sehingga harus dibangun tiga lantai.

Nantinya, kata dia, calon penumpang dengan kendaraan bermotor langsung menuju lantai tiga gedung terminal.

"Nanti akan dibangun jalan penghubung dari jalan utama ke lantai tiga. Mobil juga langsung bisa keluar dari lantai tiga ke jalan umum," kata dia.

Untuk yang ingin parkir atau menginapkan kendaraan, kata dia, setelah dari lantai tiga juga dibangun jalan agar mobil bisa diparkirkan di lantai satu tanpa harus keluar kawasan pelabuhan.

"Dengan model seperti itu, kawasan parkir bisa semakin luas dan arus kendaraan keluar masuk bisa lancar," kata Benny.

Saat ini, kata dia, akses masuk dan keluar pelabuhan sangat padat dan sering terjadi kemacetan pada kawasan pelabuhan. (Antara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar