Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Jumat, 24 April 2015

Gandeng LAN, BP Batam Lakukan Asesmen Pejabat untuk Petakan Kompetensi dan Potensi

Jum'at, 24 April 2015 (Sumber: Batam Today)

 

BATAM, BP Batam - Biro Kepegawaian Badan Pengusahaan (BP) Batam menggelar asessment kepada pejabat tingkat III dan IV untuk mengetahui tingkat kompeten para pejabat. Asessment tersebut telah digelar di Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes), Tanjungriau, Batam, Selasa (21/4/2015) sampai dengan Rabu (22/4/2015).

Kepala Biro Kepegawaian BP Batam, Asep Lili Holilulloh, mengatakan, assesmen diikuti 45 peserta sebagai dasar pemetaan pegawai berdasarkan kompetensi dan potensi yang dimiliki. Sehingga dapat menjadi dasar penyusunan program kerja ke depannya.

"Hasil asessment akan kita jadikan sebagai bahan pertimbangan dan catatan untuk promosi ke depannya," ujar Asep.

Ia menerangkan, ada beberapa hal yang penting menjadi analisis di dalam ilmu psikologi, di antaranya seseorang yang mengetahui potensi dirinya dan orang lain juga mengetahuinya, seseorang yang mengetahui potensi dirinya akan tetapi orang lain tidak mengetahuinya, seseorang yang tidak menyadari potensi dirinya namun orang lain menyadarinya, dan jenis yang terakhir adalah kedua belah pihak sama-sama tidak mengetahui potensi yang dimiliki.

Di dalam birokrasi pemerintahan, sumber daya manusia (SDM) merupakan elemen penting sebagai penggerak visi dan misi program kerja pemerintah.  "Oleh karena itulah, perlu adanya program sistematis yang terencana dan terpola agar program kerja yang direncanakan dapat terlaksana secara optimal," ujar Asep.

Ditambahkan oleh Asep bahwa nantinya para peserta asesmen akan menerima rapor yang akan dijadikan bahan pertimbangan bagi Biro Kepegawaian untuk pemetaan struktur dalam pelaksanaan program kerja berdasarkan potensi dan kometensi yang dimiliki oleh para peserta. Aspek penilaian itu sendiri adalah dari intelegensi, sikap kerja, emosi, dan interaksi.

Asesmen diselenggarakan oleh Biro Kepegawaian BP Batam bekerja sama dengan Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur (PKP2A) Lembaga Administrasi Negara.

Euis, narasumber dari Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur (PKP2A) Lembaga Administrasi Negara, menjelaskan, materi pada asesmen yang diselenggarakan selama dua hari ini di antaranya terbagi atas dua jenis, yaitu materi untuk pejabat tingkat IV dan untuk pejabat tingkat III.

"Untuk pejabat tingkat IV, akan menerima materi, yaitu tes psikologi, simulasi intray, wawancara, dan leader group discussion (LGD). Sedangkan bagi pejabat tingkat III materi yang akan diterima adalah tes psikologi, simulasi problem analisis, wawancara, dan leader group discussion (LGD)," ujar Euis. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar