Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 29 Oktober 2015

Perumahan Taman Kota Juara Lomba Penghijauan dan Estetika BP Batam

Kamis, 29 Oktober 2015 (Sumber: Batam Today)

 
 










PARA PEMENANG LOMBA PENGHIJAUAN DAN ESTETIKA SAAT MENERIMA PENGHARGAAN DARI BP BATAM.

BATAM, BP Batam - Perumahan Taman Kota, Baloi, terpilih sebagai perumahan dengan taman dan penghijauan terbaik pertama dalam Lomba Penghijauan dan Estetika untuk kategori kawasan perumahan yang digelar oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam dalam rangka memperingati Hari Bakti ke-44 BP Batam.


Adapun juara kedua diraih oleh Perumahan Tropicana, sedangkan juara ketiga diraih oleh Perumahan Duta Mas. Untuk kategori kawasan perhotelan, juara pertama diraih oleh Nongsa Point Marina, Nongsa. Juara kedua Holiday Inn Hotel dan KTM Resort terpilih sebagai juara ketiga.

Sedangkan untuk kategori kawasan perindustrian, juara pertama diraih oleh Kawasan Industri Batamindo Investment Cakrawala. Juara kedua Latrade Industrial Estate dan juara ketiga diraih oleh Tunas Industrial Estate I.

Penyerahan sertifikat penghargaan dan plakat telah disampaikan langsung oleh Kepala BP Batam kepada para pemenang pada acara syukuran Hari Bakti ke-44 BP Batam, 26 Oktober 2015 kemarin.

Koordinator lomba penghijauan dan estetika, yang juga adalah Direktur Pembangunan Prasarana dan Sarana BP Batam, Nurhidayat, mengatakan, kegiatan ini guna mendorong masyarakat dalam pembangunan lingkungan.

"Tujuannya untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan lingkungan Batam yang berkelanjutan," kata Nurhidayat.

Adapun kriteria khusus penilaian taman dan penghijauan untuk kategori kawasan perumahan antara lain tersedianya ruang terbuka hijau bagi warga perumahan untuk rekreasi atau edukasi; penggunaan material lansekap pohon, semak dan perdu; serta desain yang berdasarkan tema, gradasi, repetition, kontras, point of view dan keseimbangan.

Sedangkan untuk kategori kawasan perhotelan, kriteria khusus penilaian taman dan penghijauan kategori kawasan perhotelan, di antaranya tersedianya ruang terbuka hijau untuk rekreasi dan memberikan ciri khas; komposisi material keras dan lunak lansekap  rumput, semak  perdu dan pohon dengan tajuk pohon mulai dari 4 meter; dan desain yang berdasarkan tema, point  of interest, point of view, kontras dan keseimbangan.

Untuk kategori kawasan perindustrian, kriteria khusus penilaian taman dan penghijauan kategori kawasan perindustrian, di antaranya tersedianya ruang terbuka hijau; menyediakan akses sirkulasi pejalan kaki; penggunaan material lansekap rumput, semak, perdu dan pohon dengan tajuk pohon mulai dari 4 meter; serta berfungsi untuk peneduh, penyerap polusi dan penahan angin.

Nurhidayat juga mengatakan, kriteria umum lomba penghijauan dan estetika adalah fungsional, menyediakan ruang untuk aktivitas, serta nyaman, indah, mudah dipelihara dan terpelihara.

Lomba penghijauan dan estetika direncanakan akan diselenggarakan setiap tahun sebagai agenda tahunan Badan Pengusahaan Batam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar