Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 05 Oktober 2015

BP Batam-Lemsaneg Perpanjang Kerja Sama Persandian

Senin, 5 Oktober 2015 (Sumber: Antara Kepri)

Batam (Antara Kepri) - Badan Pengusahaan Batam dan Lembaga Sandi Negara menandatangani perpanjangan kerja sama untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan persandian dan pengamanan teknologi informasi-komunikasi guna mendukung tugas Pengelolaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam.

Nota kesepahaman tentang Penyelenggaraan Persandian tersebut ditandatangani oleh Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Mustofa Widjaja dan Kepala Lemsaneg, Mayjen TNI Djoko Setiadi di Gedung IT Centre BP Batam, Jumat.


Penandatanganan tersebut juga dihadiri Sekretaris Utama Lemsaneg, Syahrul Mubarak, Deputi Pembinaan dan pengendalian persandian Lemsaneg, Brigadir Jenderal TNI Muhammad Sofwat Nasution, Deputi bidang pengkajian persandian Lemsaneg, Brigadir Jenderal TNI Ruly Nursanto, Kepala Biro Umum dan Sekretariat, Teuku M Rizasyah, Kepala Pusat PDSI, Kompol Yuda Gunadi serta para pejabat eselon III dan IV di lingkungan BP Batam.

Mustofa Widjaja dalam sambutannya mengatakan BP Batam menyambut baik kerja sama dengan lemsaneg sebagai lembaga Negara yang memiliki kompetensi dan keahlian terkait persandian keamanan teknologi informasi.

"Lemsaneg diharapkan mampu berkontribusi bagi pengamanan informasi di BP Batam yang berarti merupakan pengamanan informasi bagi seluruh kegiatan investasi," kata dia.

Ke depan, penandatanganan MoU ini juga dapat diaktualisasikan melalui beberapa perjanjian kerjasama teknis seperti kerjasama di bidang pemenuhan dan peningkatan sumber daya persandian, serta pengembangan dan inovasi teknologi persandian.

Dalam sambutannya Djoko Setiadi mengatakan bahwa Persandian bukan merupakan cara satu-satunya yang menjadi keamanan informasi.

Namun, kata dia, melalui perpanjangan kerjasama ini diharapkan dapat mendeteksi sejak dini ancaman yang berpotensi mengancam kepentingan negara.

"Kepentingan negara adalah yang utama. Apalagi Batam merupakan kawasan dimana banyak perusahaan asing beroperasi," kata dia.

Kerja sama tersebut sebelumnya juga sudah terjadil sejak lama oleh kedua instansi sebagai salah satu upaya memberikan keamanan bagi investasi. (Antara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar