Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 29 Oktober 2015

Elysa Febrianty Juara Resensi Buku BP Batam

Kamis, 29 Oktober 2015 (Sumber Antara Kepri)

Batam (Antara Kepri) - Elysa Febrianty, pegawai Kantor Perwakilan Badan Pengusahaan (BP) Batam di Jakarta, keluar sebagai juara pertama Lomba Menulis Resensi Buku yang digelar dalam rangka Hari Bakti ke-44 dan HUT ke-7 Perpustakaan BP Batam.


Atas kemenangannya itu, ia mendapat hadiah perjalanan dinas mengunjungi Perpustakaan Provinsi Jawa Timur di Surabaya.

Pelaksana harian Kepala Biro Umum dan Sekretariat, Ilham Eka Hartawan, Rabu mengatakan lomba menulis resensi buku ini merupakan penyelenggaraan yang ketiga kalinya.

Kegiatan serupa sebelumnya diselenggarakan pada 2012 dan 2014. Dalam lomba resensi buku ini, para peserta diwajibkan meresensi salah satu dari 3 buku novel yang disediakan panitia, yaitu The Magic Life tulisan Ace Starry, Mengembangkan Ruang Baca tulisan John Wood, dan novel Mimpi Anak Pulau yang ditulis oleh novelis Abidah El Khalieqy.

"Lomba ini diperuntukkan bagi para pegawai BP Batam, tujuannya untuk menambah kecintaan budaya membaca para pegawai," kata Ilham Eka Hartawan.

Lomba menulis resensi buku juga sebagai program dari Perpustakaan BP Batam untuk meningkatkan minat baca masyarakat termasuk para pegawai BP Batam secara terus menerus melalui pemanfaatan perpustakaan di manapun berada.

Kegiatan dengan tema "Peran Buku Novel Biografi Dalam Memberikan Inspirasi dan Motivasi", diikuti oleh 45 peserta.

Lomba dilaksanakan pada Kamis (1/10) lalu di Gedung Pusat Teknologi dan Informasi, di mana sehari sebelumnya para peserta diberikan pelatihan teknik menulis resensi buku.

Selain Elysa Febrianty, dewan juri yang terdiri dari Sri Rohyanti Zulaikha, Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan M Iqbal serta Putut Ario Tedjo dari Batam Pos, memutuskan Kusuma Dewi Puspitasari (Biro Hukum dan Organisasi) sebagai pemenang kedua.

Kusuma Dewi memperoleh hadiah perjalanan dinas ke Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sedangkan juara ketiga diraih oleh 2 peserta, yaitu Agam Philosofhyandi S (Direktorat Humas dan Promosi) dan Irawan Fitri (Biro Umum dan Sekretariat).

Agam dan Irawan memperoleh hadiah perjalanan dinas berkunjung ke Perpustakaan Nasional di Jakarta.

Deputi Administrasi dan Umum BP Batam, Gani Lasya, mengatakan Lomba Menulis Resensi Buku ini akan menjadi ruang dan media yang dapat meningkatkan minat baca bagi para pegawai BP Batam, juga sebagai media untuk berkreasi dan membuka wawasan, mendorong perkembangan bakat dan kemampuan menulis.

Menurut Gani Lasya, semakin tinggi minat baca masyarakat, semakin tinggi pula kepeduliannya terhadap pembangunan. Pemasyarakatan perpustakaan dan minat baca perlu dilaksanakan secara berkesinambungan untuk menyatukan persepsi semua stakeholder perpustakaan guna meningkatkan dan membangkitkan minat baca masyarakat. (Antara) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar