Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 22 Oktober 2015

Operasional Hang Nadim Belum Pulih

Kamis, 22 Oktober 2015 (Sumber: Antara Kepri)

Batam (Antara Kepri) - Operasional Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, masih terganggu akibat jarak pandang sejumlah bandara tujuan, khususnya di Sumatera daratan belum memungkinkan untuk penerbangan.

"Penerbangan ke Jambi, Pekanbaru, Palembang masih tertunda, belum bisa dilayani. Bandara-bandara tujuan tersebut masih belum bisa didarati," kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso, di Batam, Rabu.


Ia mengatakan, kondisi tersebut sudah berlangsung selama berbulan-bulan meskipun secara umum kondisi Bandara Internasional Hang Nadim Batam aman bagi penerbangan.

"Yang masalah itu bandara tujuan. Pesawat dari bandara-bandara di Sumatera daratan tidak bisa diterbangkan karena asap, yang dari Hang Nadim juga tidak terbang karena tidak memungkinkan pendaratan," kata dia.

Pada Rabu pagi, penerbangan dari Batam yang mengalami gangguan adalah Wing Air IW-1298 yang seharusnya terbang pukul 08.30 WIB, Citilink tujuan Palembang seharusnya terbang pukul 08.30 WIB akhirnya bisa diberangkatkan pukul 10.00 WIB.

Penerbangan dari Batam lainnya yang mengalami penundaan adalah Lion Air tujuan Padang Sumatera Barat dan Medan Sumatera Utara.

Sementara penerbangan tujuan Batam yang mengalami kendala adalah dari Lion Air JT-129 pukul 08.30 WIB, Lion Air JT-246 dari Palembang, Lion Air JT2-232 dari Padang.

Akibat kondisi tersebut, ruang runggu Bandara Internasional Hang Nadim Batam mengalami penumpukan.

"Semua tergantung cuaca. Kalau jarak pandang memungkinkan pasti segera diterbangkan. Namun selama belum memungkinkan, penundaan pasti terjadi," kata Suwarso.

Dalam kondisi normal, Bandara Internasional Hang Nadim melayani sekitar 120 kali penerbangan per hari dengan tujuan seluruh Indonesia dan internasional.

Maskapai yang beroperasi dari Hang Nadim Batam adalah Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Malindo Air, Wings Air, Nam Air, Sriwijaya Air dan TransNusa. (Antara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar