Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 29 Oktober 2015

Pejabat BP Batam ke Jepang, Ini yang Dilakukan di Sana

Kamis, 29 Oktober 2015 (Sumber: Batam News)


BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam menggelar temu bisnis dengan 30 pengusaha Jepang. Acara promosi untuk menarik investor baru ini dilaksanakan di Fukuoka dan Hiroshima, pertengahan bulan lalu.

Direktur Promosi dan Humas BP Batam, Purnomo Andiantono mengatakan pengusaha Jepang memberikan respon yang positif dalam pertemuan tersebut.

“Sejumlah perusahaan tertarik untuk investasi ke Batam,” kata Purnomo, Selasa (27/10).

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian promosi Batam ke Jepang. Sebelumnya pertemuan serupa sudah diadakan di Kota Nagoya pada bulan Juni. 

BP Batam, sambungnya, bekerjasama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Osaka, Asosiasi Perekonomian (Kyushu Kyukeiren), Nikkan Kogyo Shimbun, Kadin Kyushu, Nikkan Kogyo  Shimbun, ASEAN Japan Centre dan Indonesia Investment Promotion Centre (IIPC) Tokyo dalam menyelenggarakan acara temu bisnis tersebut.

Dalam temu bisnis ini, Deputi Pelayanan Umum BP Batam, Fitrah Kamaruddin menjelaskan kondisi investasi di Batam. Selama semester pertama 2014 dan 2015, bidang usaha di Batam didominasi sektor industri logam dasar, barang logam, mesin, dan elektronik. Angkanya meningkat dari 41 persen di tahun 2014 menjadi 64 persen pada 2015.

Dan secara kumulatif, sampai dengan Oktober 2015, ada sekitar 20 perusahaan Jepang dengan nilai investasi 168,196 juta dolar AS. Di antaranya Epson, Panasonic, NOC, TEC, dan Yokohama.

“Pada acara di Fukuoka, Manager Oil and Gas PT Yokohama Tamaki Sama menyampaikan cerita suksesnya berinvestasi di Batam. Ia sangat optimistis dengan dibangunnya pabrik mereka di Batam,” tutur Purnomo seperti dikutip dari media centre.

Di Hiroshima, BP Batam berkesempatan untuk diskusi secara langsung dengan perusahaan yang berminat untuk investasi di Batam. Terutama dalam bidang agribisnis holtikultura dengan orientasi ekspor, serta bidang perkapalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar