Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Jumat, 02 Oktober 2015

BP Batam Berkomitmen Menjaga Ketersedian Air Bersih

Jum'at, 2 Oktober 2015 (Sumber: RRI)

BP Batam Berkomitmen Menjaga Ketersedian Air Bersih


KBRN, Batam: Beragam cara telah dilakukan Badan Pengusahaan (BP) Batam untuk menjaga ketersediaan air bersih d Kota Batam. Alhasil meskipun sejumlah waduk saat ini sedang dalam kondisi menyusut, pendistribusian air bersih di Batam masih berjalan dengan sistem bergilir.


Dalam dialog interaktif bersama RRI Batam dengan tema "optimalisasi waduk sebagai pendukung ketersediaan air", Kasi air baku BP Batam, Rahiman menyebutkan penyebab menyusutnya debit air di waduk tidak hanya karena faktor alam, tetapi juga dipengaruhi tingginya pertumbuhan penduduk di kota Batam.

"Kita berharap ada program pengendalian jumlah penduduk, karena kapasitas waduk juga sangat terbatas. Awalnya kapasitas waduk kita dirancang hanya untuk 750.000 penduduk, tapi sekarang jumlah penduduk Batam telah mencapai 1,3 juta orang. Sehingga pertambahan penduduk akan berpengaruh terhadap ketersediaan air," jelasnya, Selasa (29/9/2015).

Guna mengatasi masalah kekurangan air baku di Batam, BP Batam bekerjasama dengan Ditjen SDA Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk membangun Dam Sei Gong di Galang. Selain itu saat ini BP Batam juga sedang memproses Waduk Tembesi yang masih dalam proses desalinasi air laut menjadi air tawar.

"Saat ini Batam baru memiliki 8 waduk. Dengan tambahan waduk ini kita berharap ketersediaan air bersih di Batam akan semakin tercukupi," harapnya.

Sementara Kepala Bidang Pengelolaan Air BP Batam, Tutu Witular berharap agar masyarakat menggunakan air dengan bijak. Sehingga cadangan yang ada bisa bertahan lebih lama untuk mengantisipasi hujan berintensitas tinggi.

"Seorang warga Batam rata-rata mengkonsumsi 160 liter air bersih setiap hari, jauh lebih tinggi dari rata-rata penggunaan air bersih orang di Indonesia yang hanya 60 liter per hari. Kita harus mulai berhemar air dari sekarang." ujarnya.

Tutu Witular juga mengatakan dalam rangka optimalisasi fungsi waduk BP batam juga telah menggiatkan program pemeliharaan. Belum lama ini, BP Batam bersama sejumlah instansi terkait melakukan pembersihan eceng gondok, menggusur warga yang membuat areal pertanian dan ternak lele di dekat waduk. (Rul/AKS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar