Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 08 Oktober 2015

BP Batam-Kemenkeu Selenggarakan Pelatihan Akuntansi Berbasis Akrual

Kamis, 8 Oktober 2015 (Sumber: Antara Kepri)

Batam (Antara Kepri) - Biro Keuangan Badan Pengusahaan (BP) Batam mengadakan kegiatan In House Training Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual dan Pelatihan Sistem Aplikasi SIMAK BMN, SAIBA dan Aplikasi Persediaan bekerja sama dengan Kementerian Keuangan.

Kegiatan yang dilaksanakan di IT Center BP Batam dibuka oleh Anggota 1/Deputi Bidang Administrasi dan Umum BP Batam Gani Lasha dan dimoderatori oleh Kepala Biro Keuangan BP Batam, Tuppal Pakpahan.


Dalam sambutannya, Gani menyatakan dukungannya terhadap kegiatan In House Training yang diselenggrakan oleh Biro Keuangan dan diperuntukkan bagi semua perwakilan dari masing-masing unit kerja BP Batam terkait akuntansi dan laporan keuangan.

"Laporan keuangan berbasis akrual difungsikan memberikan pemahaman implementasi laporan keuangan sehingga proses keuangan berjalan lebih cepat dan biaya yang digunakan lebih tepat," kata Gani.

Acara berlangsung hingga 9 Oktober 2015 diikuti lebih dari 100 staf bidang akuntansi dan pelaporan keuangan serta operator SIMAK BMNn operator persediaan dari masing-masing unit kerja di lingkungan BP Batam.

Tujuannya untuk memperbaharui pengetahuan dan informasi mengenai Sistem Akuntansi Pemerintahan dalam rangka menuju penerapan basis akrual, terutama dalam hal pengakuan dan pengukuran pendapatan dan belanja.

Hal tersebut sejalan dengan amanat Undang-Undang No.17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara dan Undang-Undang No.1 tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara, maka Pemerintah Pusat akan menerapkan akuntansi berbasis akrual.

Sementara itu, menurut Kabag Akuntansi Biro Keuangan BP Batam, Agung Prasetya Adi kegiatan ini telah dipersiapkan dan diharapkan sejak lama.

BP Batam sebagai Badan Layanan Umum (BLU) akan turut serta mendukung segala proses laporan keuangan oleh BPK yang menetapkan bahwa setiap laporan keuangan yang dapat diperiksa adalah yang berbasis akrual dengan aplikasi SIMAK BMN, SAIBA dan persediaan.

"Sebenarnya sudah sejak 1988 kami sudah harus menerapkan standar akuntansi akrual, karena pemerintah paham betul bahwa penerapan sistem ini kompleks dan tidak mudah maka perlu persiapan selama 5 tahun," kata dia.

Tahun ini BP Batam akan memulai dengan komitmen kuat dari semua pihak sehingga akan memberikan dampak yang sangat positif diantaranya input data akan cepat sehingga pengambilan keputusan akan akurat. (Antara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar