Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Selasa, 13 Oktober 2015

Dermaga Utara Batuampar Dioperasikan pada 2016

Selasa, 13 Oktober 2015 (Sumber: Antara Kepri)

Batam (Antara Kepri) - Badan Pengusahaan (BP) Batam menyatakan dermaga utara Pelabuhan Batuampar sepanjang 600 meter akan dioperasikan pada 2016.

"Saat ini pembangunan fisik dermaganya sudah selesai. Namun belum dilengkapi dengan crane. Rencananya 2016 akan dilengkapi crane dan difungsikan," kata Deputi Pelayanan dan Jasa BP Batam, Fitrah Khomarudin di Batam, Minggu.


Perluasan Pelabuhan Batuampar diharapkan akan mampu mempercepat proses bongkar muat barang untuk keperluan produksi di Batam dan ekspor.

BP Batam merencanakan penggunaan dua crane modern dengan rel seperti yang digunakan pelabuhan-pelabuhan modern saat ini sehingga memungkinkan bongkar muat bisa dilakukan secara cepat.

"Kami terus berupaya meningkatkan pelayanan bongkar muat di Pelabuhan Batuampar yang menjadi penunjang aktivitas ekspor-impor kawasan bebas Batam. Dengan dermaga tersebut tentu memungkinkan kapal-kapal tidak antre menunggu proses bongkar-muat," kata dia.

Sejak 2012, BP Batam membangun perluasan Pelabuhan Batuampar dari kapasitas 230.000 TEUs menjadi 600.000 TEUs dengan anggaran Rp360 miliar.

Pada 2012 anggaran dari APBN yang digunakan sebesar Rp60 miliar, 2013 sebesar Rp200 miliar dan 2014 sebesar Rp100 miliar.

BP Batam membutuhkan pelabuhan yang lebih besar untuk mengimbangi keperluan ekspor dan impor barang karena kawasan serupa di luar negeri juga memiliki pelabuhan dengan kapasitas besar.

Pelabuhan tersebut juga akan membangun jalan tol dari pelabuhan tersebut ke sejumlah kawasan industri untuk mempercepat pengangkutan barang-barang.

"Kami akan terus meningkatkan infrastruktur penunjang status kawasan bebas agar mampu bersaing dengan kawasan di luar negeri," kata dia.

BP Batam, kata dia, juga akan membangun monorel sebagai sarana transportasi bagi pekerja dari kawasan pemukiman ke kawasan industri. (Antara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar