Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 11 Agustus 2011

Monorail Dilanjutkan

11 Agustus, 2011 (sumber Tanjung Pinang Pos)

BATAM - Untuk mengatasi persoalan transportasi di Batam, selain Pemerintah Batam yang meningkatkan jalan, BP Batam juga ambil peran. Selain rencana pembangunan jalan tol yang sudah lama disiapkan, BP Batam juga berencana membangun monorail.

Demikian diungkapkan Ketua BP Ka wasan Batam, Mustofa Widjaja, Rabu (10/8) di hadapan anggota DPD dari Kepri. Selain Mustofa, hadir juga Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan. Sementara dari DPD RI, hadir Aida Ismeth, Jasarmen Purba dan Hardi Hood.

“Kita membantu mengatasi padatnya transportasi dengan rencana membangun jalan tol dalam kota. Trailer dan truk agar tidak berbaur dengan kendaraan kecil. Selain itu, kita juga akan membangun monorail sebagai transportasi massal,” ungkapnya.

Menurut Mustofa, rencana pembangunan monorail sudah dibicarakan dengan dengan Dirjen Kereta Api. “Kereta api dibangun, tapi monorail, biar ringan untuk massa dan bukan untuk barang,” katanya.

Diakui, monorail dimaksudkan untuk memecahkan masalah transportasi di Batam. Hanya saja, kapan akan dibangun, menurut Mustofa, lima hingga 10 tahun ke depan. Saat ditanya soal rute yang akan dilewati, masih akan dikaji. Namun, dia mengaku kalau desain monorail, termasuk pembiayaan yang diperlukan sudah disusun.

“Itu dibangun sejalan dengan dengan pembangunan tol. Supaya mobil besar tidak berbaur dengan kendaraan kecil, maka dibuat tol,” imbuhnya.(mbb)

1 komentar: