Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 18 Agustus 2011

ATB Bangun Dua Tanki Air Baru


Sumber tanjung Pinang Pos (18 Agustus, 2011)

BATAM - PT Adya tirta Batam (ATB), pengelola air bersih di Batam akan membangun dua unit tanki penampungan air bersih yang baru berlokasi di Batuaji dan Nongsa. Corporate Communication Manager PT ATB, Enriqo Moreno Ginting, mengatakan, saat ini pihaknya masih mensurvei lokasi pembangunan kedua tanki tersebut.

“Lokasinya sudah kita lihat dan akan segera dibangun. Rencananya, kedua tanki penampungan ini sudah harus dioerasikan akhir tahun ini juga,” ujarnya, kemarin. Kapasitas tanki yang dibangun yakni 10 ribu meter kubik untuk di daerah Batuaji dan 6 ribu meter kubik untuk yang di daerah Nongsa.

Pembangunan tanki penampungan ini gunanya untuk mengatasi kekosongan air saat ada masalah.
Misalnya saat perbaikan pipa atau listrik mati. Dijelaskannya, jika listrik mati, mati Water Treatment Plant (WTP) milik ATB tidak akan bisa beroperasi. Sebab pompa tidak hidup.

Saat listrik mati, maka air yang akan disalurkan ke pelanggan adalah stok yang ada di tanki penampungan. Karena itulah, kapasitas tanki yang dibangun cukup besar.

“Misalnya tanki yang akan kita bangun di Batuaji, kapasitasnya itu sudah besar dan bisa memenuhi kebutuhan warga hingga ke Sagulung,” paparnya.

Pembangunan tanki-tanki penampungan seperti itu merupakan layanan air bersih yang biasa dilakukan di kota-kota besar atau di negara maju.

“Kalau kita melihat di sejumlah negara maju, hampir di setiap komplek ada tanki penampungan air. Sehingga, saat ada masalah, tetap ada air bersih yang disalurkan ke pelanggannya,” tambahnya.

ATB, kata dia, belum sanggup menyediakan tanki penampungan sebanyak itu. Namun perlahan-lahan akan dibenahi.
Saat ini, sudah ada beberapa tanki penampungan air seperti di Mukakuning, Bukit Senyum dan lainnya.(mas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar