Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 08 Mei 2013

LAN Studi ke BP Batam

Rabu, 08 May 2013  (sumber : Haluan Kepri)
 
Terkait ASEAN Free Trade Agreement

BATAM (HK) - Peserta Diklat Tingkat 1 Angkatan XXV Lembaga Administrasi Negara (LAN)  berkunjung ke Badan Pengusahaan (BP) Batam, Senin (6/5). Kunjungan mereka diterima langsung Kepala BP  Batam Mustofa Widjaja dan sejumlah pejabat lainnya di Gedung Marketing Center BP Batam, Batam Centre.

Para peserta diklat yang berjumlah 14 orang itu terdiri dari berbagai institusi, yaitu dari BNN (Badan Narkotika Nasional) Sumatera Barat, BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) Sumatera Utara, Polda Bangka Belitung, Kementerian PU (Pekerjan Umum) dan LAN.

Dalam sambutannya Kepala Lembaga Administrasi Negara Prof. Dr. Agus Dwiyanto, MPA menjelaskan maksud dan tujuan diadakan kunjungan diklat tersebut adalah dalam rangka pembentukan Komunitas ASEAN 2015 yang tugasnya adalah untuk mengumpulkan data serta informasi sekunder di tingkat nasional. Khusus di Batam adalah informasi yang berhubungan dengan nilai pertumbuhan ekonomi wilayah Kawasan Perdagangan Bebas.

Komunitas ASEAN diharapkan memberikan kontribusi dalam mewujudkan kawasan ASEAN yang berorientasi kepada rakyat dan memiliki tanggung jawab secara sosial untuk mencapai solidaritas dan persatuan antar bangsa-bangsa ASEAN. Komunitas ASEAN terdiri dari Komunitas Politik Keamanan ASEAN, Komunitas Ekonomi ASEAN, Komunitas Sosial dan Budaya ASEAN.

"Dalam menyambut era perdagangan bebas di wilayah ASEAN, kita mau tidak mau harus sudah siap dengan segala konsekuensi yang akan datang. Dan sebelum terjadi hal yang tidak kita inginkan, alangkah baiknya kita semua bekerja keras untuk membangun negeri ini lebih baik lagi di masa depan," ujar Agus Dwiyanto.

Ditambahkannya, di era ASEAN Free Trade Agreement, yaitu perdagangan bebas di zona wilayah kawasan ASEAN Indonesia akan mendapatkan berbagai masalah dalam berbagai sektor, dan yang paling menonjol adalah bagaimana bisa mencegah dominasi produk-produk luar masuk ke dalam wilayah Indonesia dan berupaya keras untuk meningkatkan nilai tambah dari produk dalam negeri agar dapat bersaing dengan produk luar negeri.

Kepala BP Batam, Mustofa Widjaja, dalam sambutannya mengemukakan BP Batam memberikan dukungan sepenuhnya terhadap program diklat LAN berkaitan pengumpulan informasi dalam rangka pembentukan Komunitas ASEAN.

"Informasi pertumbuhan ekonomi Batam, tentu akan memperkaya informasi yang dibutuhkan oleh peserta diklat secara komprehensif untuk merumuskan sebuah kebijakan," kata Mustofa Widjaja.

Pertemuan antara BP Batam dengan peserta diklat berlangsung 3 jam. Usai bertemu BP Batam, rombongan juga melakukan pertemuan dengan Pemerintah Provinsi Kepri. (r/and)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar