Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 29 Mei 2013

BP Batam Sosialisasi SIKMB Versi 2

Senin, 27 May 2013 (Sumber : Haluan Kepri)
Sistem Perizinan Semakin Mudah

BATAM (HK)- Direktorat Lalulintas Barang Badan Pengusahaan (BP) Batam menyelenggarakan sosialisasi portal Sistem Informasi Keluar Masuk Barang (SIKMB) versi kedua di Gedung Marketing Center BP Batam, Jumat (24/5) lalu. Pembicara pada sosialiasi ini Kasubdit Monitoring dan Pelaporan Perdagangan dan Industri, Tri Novianta Putra, Kasubdit Perdagangan, Barlian Untoro dan Kasubdit Industri, Ponco Priyo Atmojo.


Tri Novianta Putra mengatakan, maksud dan tujuan sosialisasi tersebut untuk memperkenalkan kepada para pelaku usaha yang bergerak khusus di bidang kegiatan impor barang dan perdagangan di wilayah Kota Batam agar dapat memanfaatkan versi ke 2 (http://sikmb-bpbatam.org/member).

Hal ini mengingat banyaknya perubahan yang telah ditingkatkan oleh Direktorat Lalulintas Barang untuk mempermudah, serta mempercepat sistem perizinan impor di Batam yang dapat mempersingkat waktu dalam mengurus izin tersebut.

Diungkapkan oleh Tri Novianta Putra, dalam SIKMB terdapat beberapa perubahan. Selain adanya perbaikan sistem juga terdapat penambahan jumlah modul perizinan secara online, mempersingkat jumlah alur prosedur perizinan, mengintegrasikan dengan sistem INSW (Indonesia National Single Window) dan meningkatkan pelayanan perizinan.

Saat ini terdapat delapan pelimpahan perizinan yang sudah ada di BP Batam, yaitu IP Plastik, IP/IT Garam, IT Mesin Multi Fungsi Berwarna,IT Kendaraan Bermotor, IT Mikol, IT Hortikultura, IT HP (Handphone), dan IT –PT (Produk Terbatas)

Peserta yang hadir dalam acara sosialisasi tersebut adalah sekitar 150 orang yang kebanyakan adalah pengusaha di bidang perdangan (importer), tetapi ada juga beberapa pengusaha yang bergerak di bidang industri elektronik, oil and ga,s serta industri lainnya.

Abdon, peserta dari Nippon Steel mengatakan diharapkan dengan sistem pelayanan melalui  jaringan internet (online) pemangkasan waktu birokrasi bisa lebih dipersingkat lagi dan ini adalah merupakan suatu kemajuan untuk para pengusaha khususnya importir yang ada di Batam.

Diharapkan pada bulan September nanti sudah tidak ada permohonan pemasukan barang dan izin yang dilakukan secara manual ke Direktorat Laulintas Barang BP Batam. (r/and)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar