Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 15 Mei 2013

Investor Listrik Terbarukan Minati Batam

Selasa, 14 Mei 2013  (sumber : Batam Pos)

Satu perusahaan gabungan dari tiga negara, yakni Belanda, Singapura dan Australia pada April lalu telah mengajukan aplikasi ke Badan Pengusahaan (BP) kawasan Batam, guna melakukan pembangunan pembangkit listrik bersumber energy terbarukan di Batam. Nilai investasinya mencapainya, USD 5 juta.

Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam Ilham Eka Hartawan mengatakan, satu perusahaan tersebut merupakan gabungan tiga negara. Pihaknya baru mengajukan aplikasi, alasannya melihat Batam sangat potensial untuk mengembangkan pembangkit listrik.

Saat disinggung energi terbarukan apa yang akan diolah? Ilham mengaku tak tahu persis apakah sampah, ombak atau panas bumi.

Nilai investasi dari pengajuan aplikasi yang masuk pada bulan April, Ilham melanjutkan, dari delapan perusahaan dengan nilai investasi sebesar USD 12.250 juta itu, memang perusahaan pembangkit listrik yang paling tinggi nilainya.

Selain pembangkit itu, perusahaan lainya ada bergerak dibidang plastik, paku mor dan baut, pengelolaan ikan, jasa industri dan berbagai pengerjaan khusus logam serta ekspor impor.

Adapun negaranya, berasal dari Singapura, China, Belanda, Australia dan Malaysia. Apabila perusahaan itu berjalan, mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 423 orang.  Sementara perusahaan yang  melakukan perluasan, ada dua yang terealosasi.

Masih kata Ilham hingga Quartal 1 (Q1) 2013, sudah ada dua perusahaan yang memiliki Izin Usaha Tetap dan sudah berjalan dengan nilai investasi USD 2,2 juta yang bergerak dibidang perdagangan,” kata Ilham.

Menurut Ilham, Batam saat ini memang masih menjadi tujuan investasi Penanaman Modal Asing (PMA). Terbukti dari berbagai negara masuk ke Batam, setiap bulanya, baik mengajukan aplikasi maupun perluasan. Batam, sebagai tujuan investasi, kata Ilham, memang tidak terlepas kondisi Batam yang kondusif.(thr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar