Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 15 Mei 2013

Lahan Dam Duriangkang Harus Dihijaukan

Selasa, 14 Mey 2013  (sumber : Posmetro Batam)

duriangkang batam
BATAM, METRO: Dam Duriangkang di Mukakuning merupakan waduk terbesar di Kota Batam. Jika di areal hutan dalam kawasan tersebut ada kegiatan terus-menerus, bukan tidak mungkin justru akan merusak dan mengganggu ekosistem catchment area tersebut. “Kalau jadi pusat kegiatan, ini akan sangat berbahaya,” ujar Kepala Sub Direktorat Pengelolaan Waduk BP Batam, Hadjad Widagdo saat menjawab POSMETRO, kemarin.

Yah, kondisi Dam Duriangkang sudah memprihatinkan. Dari luas sekitar 5.000 hektar, 400 hektar diantaranya harus segera dilakukan penghijauan. “400 hektar itu sangat perlu kita hijaukan. Kita juga berharap, di sini (sekitar Dam Duriangkang) tidak ada kegiatan.  Hanya ada penanaman untuk pohon saja, bukan pertanian,” imbaunya.

Menurut dia, ada beberapa jenis pohon yang diprioritaskan untuk ditanam di sekitar Dam Duriangkang, meliputi pohon mahoni, angsana, salam dan andira. “Pohon-pohon ini berfungsi untuk menjaga serapan air dan mendatangkan hujan, sifatnya juga tidak rakus air dan dapat memperbaiki sifat tanah serta mengurangi run off (erosi),” jelas Hadjad.

Dalam waktu dekat pihaknya juga akan menggulirkan kegiatan yang diberi nama Pohon Asuh, yakni dengan menyampaikan kepada masyarakat akan pentingnya penghijauan di Batam.

“Kita akan mengajak seluruh lapisan masyarakat serta perusahaan-perusahaan untuk melakukan penghijauan. Nanti pohon-pohonnya kita yang mensuplai untuk program Pohon Asuh. Per hektarnya itu dibutuhkan sekitar 400 sampai 500 pohon,” terangnya.(ams)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar