Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Jumat, 03 Desember 2010

RSOB Simulasi Penanganan Kebakaran

BATAM CENTRE- Rumah Sakit Otorita Batam (RSOB) bersama dengan Sub Direktorat Penanggulangan Bahaya Kebakaran (Subdit PBK) Direktorat Pengamanan Badan Pengusahaan (BP) Batam, menggelar simulasi penanggulangan bencana kebakaran selama 2 hari pada 1-2 Desember 2010 di RSOB, Sekupang. Dalam simulasi itu, ruang perawatan lantai 3 dan 4 Gedung B terjadi kebakaran. Sejumlah ruangan terbakar, sehingga mengancam keselamatan jiwa para pasien, anggota keluarganya dan para karyawan RSOB.

Tidak berapa lama kemudian, tim PBK BP Batam bersama 4 unit mobil pemadam datang pada waktunya. Aksi penyelamatan pasien dan pemadaman apipun dimulai.

Dalam simulasi ini terdapat dua pasien di lantai 3 dan 4 yang harus diselamatkan oleh petugas PBK dengan menggunakan mobil tangga dan diturunkan dengan tali. Sementara itu di lantai 2 ada pasien bayi yang diselamatkan oleh petugas PBK dengan menuruni tali keluar jendela.

Sejumlah dokter dan paramedis tampak sibuk menyelamatkan para pasien lainnya yang masih mampu berjalan atau dengan menggunakan tandu untuk ditangani di area aman dari lokasi kebakaran. Sementara korban yang mengalami luka segera ditangani di ruang gawat darurat dengan diangkut mobil ambulance. Tidak berapa lama, apipun dapat dipadamkan dan evakuasi para pasien dapat dilakukan.

Usai simulasi, Kepala RSOB BP Batam dr Sri Rafella Allaida, SpRM, MARS., mengatakan, mengingat penanganan bencana kebakaran diperlukan penanganan yang khusus, karenanya semua karyawan dan unit kerja lain harus terlatih. Karyawan juga diharapkan mampu bekerja secara tim dan saling koordinasi, sehingga jumlah korban dan kerugian dapat diminimalisir.

Dalam simulasi ini, RSOB melibatkan tim rescue dan 80 personel karyawan, terdiri dari dokter, paramedis, karyawan bagian umum, tenaga sekuriti, bahkan tenaga cleaning service. Semua dilibatkan, mengingat bencana kebakaran sewaktu-waktu dapat terjadi dan untuk itu semua personel dan unit kerja dapat melakukan antisipasi.

Menurut Allaida, simulasi ini juga penting dalam rangka meningkatkan pelayanan RSOB kepada masyarakat. Ia menambahkan, setidaknya bagi para karyawan RSOB yang kebetulan tinggal berdekatan dengan RSOB, nantinya dapat ikut turun membantu evakuasi dan menangani pasien, jika terjadi kebakaran sewaktu-waktu.

"RSOB, pada simulasi ini berkoordinasi dengan Subdit PBK Direktorat Pengamanan BP Batam yang mengerahkan 25 personelnya, 1 mobil rescue, dan 3 mobil pemadam," katanya.

Kepala Subdit PBK Direktorat Pengamanan, Jarkasi, mengatakan, simulasi ini selain untuk meningkatkan keterampilan para karyawan RSOB juga untuk melatih kesigapan para petugas PBK BP Batam.

"PBK BP Batam, pada simulasi ini, selain mengevakuasi pasien, juga melakukan pemadaman api. Sehari sebelumnya juga diberikan teori-teori tentang bagaimana evakuasi dan penanganan bencana kebakaran," ujarnya.(hk/r,rl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar