Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Jumat, 03 Desember 2010

Pasien Sempat Kaget Ketika Lantai II RSOB Terbakar

Tribun Batam - Kamis, 2 Desember 2010

Simulasi-Kebakaran-di-RS-OB.jpg
Tribunnews Batam/ Zabur
EVAKUASI-Petugas PBK BP Batam sedang mengevakuasi korban selamat dilantai empat RSOB dengan menggunakan tangga mobil PBK, Kamis (2/12/2010)

(
Sumber Tribun Batam,versi asli)
TRIBUNNEWSBATAM, BATAM- Beberapa pasien yang sedang dirawat di Rumah Sakit Otorita Batam (RS0B) diturunkan dengan menggunakan tali akibat terjebak kobaran api. Bahkan bayi pun juga ikut diselamatkan dengan melalui jendela kemudian turun ke bawah dari lantai dua menggunakan tali.

Tidak hanya pasien pengunjung dan petugas medis pun ikut terjebak didalam gedung. Api yang diketahui berasal dari lantai dua ruang Melati kamar nomor 5 semakin membesar dan sudah merembet ke lantai tiga.

Beberapa petugas medis pun meminta pertolongan dengan melambaikan tangannya melalui jendela. Tidak lama kemudian tiga unit mobil penanggulangan bahaya kebakaran (PBK) Badan Pengusahaan (BP) Batam tiba dilokasi.

Staf dan petugas medis RSOB pun berusaha mengeluarkan pasien, pengunjung dan petugas medis yang terjebak api. Mereka pun mengevakuasi dengan berbagai cara, ada pasien yang menggunakan tandu dan diturunkan menggunakan tali, selain itu juga terlihat bayi diselamatkan oleh petugas medis dengan turun dari lantai dua menggunakan tali.

Sementara pasein, pengunjung, petugas. medis lainnya disematkan oleh petugas PBK BP Batam dengan menggunakan tangga mobil PBK dari lantai empat RSOB.

Selanjutnya lebih kurang setengah jam petugas PBK berhasil memadamkan api dan mengevakuasi seluruh korban yang terjebak api dengan dibantu beberapa staf dan petugas medis RSOB. Gambaran ini merupakan simulasi penanggulangan bencana di rumah sakit yang digelar RSOB dengan melibatkan PBK BP Batam, Kamis (2/12/2010).

Kepala instalasi diklat RSOB, dr Juliansyah Badar menyebutkan simulasi ini sudah ketiga kali digelar dengan melibatkan sepertiga staf dan karyawan RSOB. Simulasi yang digelar tersebut dibuat seperti kejadian asli. Setiap staf dan karyawan dilatih untuk siap serta tanggap dalam menghadapi musibah dan bencana yang setiap saat akan terjadi.

"Semua pasien sudah kita beritahukan beberapa waktu lalu sebelum digelar simulasi tersebut. Kita juga melibatkan PBK BP Batam dalam kegiatan ini serta seluruh petugas medis yang ada,"ujarnya singkat.

Sementara ketua panitia pelaksana simulasi, M Amir Pasya A SE mengatakan bahwa simulasi ini sengaja dibuat seperti kejadian benar. Simulasi itu juga melatih meningkatkan koordinasi yang baik saat terjadinya musibah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar