Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Jumat, 06 Maret 2015

Urai Kepadatan Kapal, BP Batam Segera Perpanjang Dermaga CPO Kabil

Jum'at, 6 Maret 2015 (Sumber: Batam Today)

 
 

Dermaga CPO Kabil. (Foto/Net)

BATAM, BP Batam - Peningkatan aktivitas bongkar muat di pelabuhan crude palm oil (CPO) Kabil membuat waktu tunggu semakin lama. Untuk mengatasi hal itu, dermaga pelabuhan khusus minyak mentah tersebut segera diperpanjang.


Dwi Djoko Wiwoho, Direktur PTSP dan Humas BP Batam mengatakan perpanjangan dermaga itu masuk dalam rencana pengembangan Pelabuhan CPO Kabil yang dicanangkan BP Batam setelah proyek dermaga utara Batuampar tahun lalu.

Dermaga akan diperpanjang 150 meter untuk mengurai kepadatan aktivitas kapal di CPO Kabil karena dari tahun ke tahun jumlah bongkar muat di Kabil terus meningkat.

"Langkah tersebut untuk mengurai kepadatan aktivitas kapal di CPO Kabil sehingga waktu sandar kapal atau dwelling time bisa berkurang," ungkap Djoko, Kamis (5/3/2015).

Lanjutnya, lamanya proses bongkar muat tentunya akan berdampak pada tingginya biaya yang harus dikeluarkan dan keterlambatan pengiriman.

"Jika panjang dermaga tidak ditambah dikawatirkan proses bongkar muat terhambat dan memakan waktu lama karena kapal yang datang harus mengantre lama," kata dia.

Selain itu, BP Batam juga akan membangun rak pipa sepanjang 1.218 meter untuk menambah kapasitas tampung CPO. "Pipa dan bak ukuran besar penampung CPO juga terus dibangun, agar kapasitasnya terus bertambah," ujar Djoko.

Editor: Dodo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar