Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Selasa, 24 Maret 2015

Jajaki Investasi, Dubes Afsel Juga Kunjungi BP Batam

Selasa, 24 Maret 2015 (Sumber: Batam Today)

dubes_afsel_kunjungi_bp_batam.JPG
Batam - Duta Besar Afrika Selatan untuk Indonesia, Pakamisa Augustine Sifuba, berkunjung ke Badan Pengusahaan (BP) Batam, Senin (23/3/2015), setelah sebelumnya melakukan pertemuan dengan Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, di Balai Kota. Dubes Afsel ditemui langsung Wakil Kepala BP Batam, Jon Arizal, di ruang pertemuan Kepala BP Batam Gedung BIFZA di Batam Centre, Batam.


Pakamisa dalam pertemuan tersebut menjelaskan, kedatangannya adalah untuk mencari informasi mengenai Batam sebagai kawasan perdagangan bebas yang menurutnya mirip dengan Afrika Selatan. Kedua wilayah menempatkan posisi kawasan sebagai basis logistic hub untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di negara masing-masing.

"Kami mengetahui perkembangan dan kondisi Batam dari berbagai aspek, khususnya ekonomi dan kehidupan masyarakatnya, serta potensi yang dimiliki Batam," ujar Pakamisa.

Sedagkan Jon Arizal pada kesempatan tersebut menjelaskan kepada Dubes Afsel mengenai kondisi dan perkembangan Batam sebagai kawasan perdagangan bebas yang sudah dikembangkan dan dikelola oleh BP Batam sejak tahun 70-an.

"Pertumbuhan ekonomi di Batam sebagian besar ditopang oleh pengembangan investasi di bidang industri dari berbagai sektor antara lain industri, perdagangan, alih kapal dan pariwisata," terang Jon Arizal.

Selain saling memberikan informasi dan masukan mengenai kedua wilayah, kunjungan tersebut juga membahas tentang pentingnya hubungan kerja sama oleh BP Batam dan Afrika Selatan melalui Department of Trade and Industry (DTI) yang telah dimulai sejak 2011 lalu.

Dubes Afrika Selatan juga ingin menindaklanjuti dan membahas kembali mengenai MoU tersebut dengan BP Batam dalam rangka peningkatan hubungan kerja sama di bidang pengembangan industri dan perdagangan, serta industri minyak dan gas.

Sebelumnya, antara BP Batam dengan Coega Industrial Development Zone, sebuah kawasan industri perdagangan bebas di Afrika Selatan, telah menjalin kerja sama yang digagas oleh pemerintahan kedua negara, Afrika Selatan dan Republik Indonesia. (*)

Editor: Roelan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar