Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Selasa, 17 Maret 2015

Terminal Kedua Hang Nadim Butuh Rp3 Triliun

Selasa, 17 Maret 2015 (Sumber: Antara Kepri)

Oleh: Larno

Batam (Antara Kepri) - Pembangunan Terminal Kedua Bandara Internasional Hang Nadim Batam dengan kapasitas delapan juta penumpang per tahun membutuhkan anggaran Rp3 triliun dan akan dilaksanakan 2017.

"Kami sudah merencanakan pembangunan terminal kedua. Diperkirakan anggaran pembangunannya mencapai Rp3 triliun," kata Kepala BP Batam, Mustofa Widjaja di Hang Nadim, Batam, Jumat.


Hal tersebut disampaikan Mustofa usai mendampingi Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dan Menteri Pariwisata Arief Yahya saat mengunjungi Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

"Kapasitas terminal pertama yang kini beroperasi sebanyak lima juta penumpang per tahun. Sementara sepanjang 2014 jumlah penumpang sudah mencapai 4,8 juta," kata dia.

Untuk mengantisipasi terus bertumbuhnya penumpang dan penerbangan di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, lanjutnya, terminal lama juga akan dilakukan perluasan sehingga tetap mampu menampung penumpang sampai terminal baru selesai dibangun.

"Untuk perluasan terminal mulai awal 2016.  Sehingga nantinya juga akan mampu menampung delapan juta penumpang. Pada 2015 ini akan dilakukan perluasan apron agar mampu menampung semakin meningkatnya penerbangan," ujarnya.

Apron, lanjutnya, akan diperluas 150x240 meter pada sisi kiri sekitar terminal kargo yang akan mampu menampung tambahan empat pesawat berbadan lebar.

Saat ini, bandara tersebut memiliki landasan pacu sepanjang 4.025 meter yang menjadikan bandara ini sebagai pemilik landasan pacu terpanjang di Indonesia. Dengan kondisinya saat ini, Bandara Hang Nadim dapat menampung 18 pesawat berbadan lebar dengan jenis Boeing 767.

Bandara tersebut juga sudah ditetapkan sebagai penghubung (hub) domestik Lion Air yang selanjutnya pada 2015 juga akan dijadikan penghubung internasional maskapi tersebut.

Saat ini, Lion Air menguasai sekitar 35 persen penerbangan dari Hang Nadim, diikuti Citilink 20 persen, Garuda 15 persen, sisanya maskapai Sriwijaya Air, Wings Air, Malindo Air, dan Firefly.

Sebelumnya Direktur Perencananan dan Pembangunan BP Batam, Imam Bachroni mengatakan, Maskapai Garuda Indonesia dan Lion Air tertarik untuk mengembangan terminal kedua Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

"Sejauh ini dua maskapai tersebut tertarik untuk mengembangkan Hang Nadim. Pembangunan akan disesuaikan dengan keinginan maskapai yang serius untuk turut membangunnya," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar