Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 04 Agustus 2014

IDUL FITRI - ARUS BALIK PENERBANGAN BATAM

sumber : antaranews

oleh Larno
Batam, 3/8 (Antara) - Otoritas Bandara Internasional Hang Nadim Batam memperkirakan lonjakan penumpang arus balik ke Batam terjadi pada hari Minggu dengan jumlah penumpang mencapai 9.000 orang, setelah pada Sabtu (2/8) jumlah kedatangan 8.114 orang.

"Besok (Senin) sudah mulai masuk kerja. Jadi hari ini akan menjadi puncak arus balik dengan jumlah kedatangan mencapai di atas 9.000 orang," kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso di Batam, Minggu.



 

Pada Sabtu (2/8), kata dia, jumlah penumpang tiba di Bandara Internasional Hang Nadim Batam mencapai 8.114 orang atau naik sekitar 15 persen dibanding hari yang sama saat arus balik Lebaran Idul Fitri 2013.

Sementara, jumlah penumpang yang meninggalkan Batam juga masih sangat tinggi mencapai 8.929 orang, naik 24 persen dibanding hari yang sama (H+4) Lebaran 2013.

"Tahun ini jumlah pemudik jauh lebih besar. Jadi kemungkinan lonjakan arus balik pada hari ini sangat besar meski pada Sabtu sudah menyentuh angka 8.114 orang," kata dia.

Suwarso mengatakan, sejak Rabu (30/7) atau H-1 Lebaran jumlah penumpang yang tiba di Batam dari berbagai daerah mencapai sekitar 30 ribu orang masing-masing 5.431 orang pada Rabu, Kamis (31/7) 6.902 orang, Jumat (1/8) 7.362 orang dan Sabtu (2/8) 8.114 orang.

Suwarso mengatakan, Lion Air memiliki rute terbanyak dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam pada hari-hari biasa. Selama musim mudik hingga balik Lebaran Idul Fitri, maskapai tersebut juga menambah sejumlah penerbangan ke Medan Sumatera Utara, Padang Sumatera Barat, Pekanbaru Riau, Surabaya Jawa Timur dan Pontianak Kalimantan Barat.

"Pagi ini masih terlihat normal. Kepadatan baru akan terlihat siang hingga sore nanti. Namun data pasti hari ini baru bisa diperoleh malam hari atau besok (Senin) pagi," kata Suwarso.

Bandara Internasional Hang Nadim Batam merupakan milik BP Batam yang dikelola bersama-sama dengan Kementerian Perhubungan.

Sementara itu, Syahbandara Pelabuhan Domestik Telaga Punggur Erwin Syafrizal juga memperkirakan arus penumpang dari Batam ke Tanjungpinang atau sebaliknya melalui pelabuhan tersebut pada Minggu akan mengalami lonjakan.

"Besok seluruh pegawai sudah masuk kerja. Jadi hari ini pelabuhan akan sangat padat baik yang tiba di Batam atau yang meninggalkan Batam," kata dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar