Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Selasa, 05 Agustus 2014

HANG NADIM DIPADATI 17.858 PENUMPANG PUNCAK ARUS BALIK

Sumber : Antara News
Oleh Larno
 
Batam, 4/8 (Antara) - Sebanyak 17.858 penumpang memadati Bandara Internasional Hang Nadim Batam saat puncak arus balik Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriyah yang terjadi pada Minggu (3/8).

"Kemarin (Minggu) menjadi puncak arus balik di Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Jumlah penumpany yang tiba sebanyak 9.039 orang, sementara yang meninggalkan Batam 8.819 orang," kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso di Batam, Senin.

 

Jumlah penumpang yang tiba di Batam pada H+5 (Minggu), kata dia naik 20 persen dibanding hari yang sama saat arus balik Lebaran Idul Fitri 2013 yang tercatat hanya sekitar 7.230 penumpang.

Sementara jumlah penumpang yang meninggalkan Batam, kata dia naik 22 persen dibanding periode sama 2013 yang tercatat sekitar 6.880 penumpang.

"Meski arus balik sudah terjadi pada Minggu kemarin, namun hari ini kami perkirakan jumlah penumpang yang datang dan meninggalkan Batam melalui bandara masih tetap tinggi. Karena jumlah penumpang pesawat pada saat musim mudik 2014 memang mengalami peningkatan signifikan dibanding tahun-tahun sebelumnya," kata dia.

Hingga hari ini, kata dia, maskapai Lion Air masih memberlakukan tambahan penerbangan ke Medan Sumatera Utara, Padang Sumatera Barat, Pekanbaru Riau, Surabaya Jawa Timur dan Pontianak Kalimantan Barat.

"Lion Air juga banyak mengganti pesawat Boeing 737-800 yang banyak dioperasikan dari Batam dengan pesawat Boeing 737-900 dengan kapasitas yang lebih banyak," kata Suwarso.

Sementara itu, maskapai Sriwijaya Air yang biasa mengoperasikan pesawat Boeing 737-500 untuk rute Batam-Medan, Batam-Jambi, Batam-Natuna, kini mengganti pesawat dengan Boeing 737-300/400 yang juga memiliki kapasitas lebih besar.

"Tambahan penerbangan atau pengoperasian pesawat yang lebih besar akan terus dilakukan hingga arus penumpang benar-benar normal," kata dia.

Bandara Internasional Hang Nadim Batam merupakan milik Badan Pengusahaan (BP) Batam sebagai salah satu penunjang status kawasan perdagangan dan pelabuhan bebas.

Bandara dengan landas pacu mencapai 4,025 kilometer tersebut dikelola oleh BP Batam bersama Kementerian Perhubungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar