Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 18 Mei 2011

2013, DAM Tembesi Beroperasi

Diposting oleh admin pada 18 Mei, 2011
(sumber Tanjung Pinang Pos)
BATAM (TP) - Proyek multiyears pembangunan DAM Tembesi akan berakhir 2011 ini. Tahun ini juga, proses desalinasi air laut menjadi air tawar akan dimulai. Diperkirakan, sekitar dua tahun atau sekitar 2013 nanti, air dari DAM Tembesi sudah bisa dinikmati masyarakat Batam. Namun waktu proses desalinasi akan dipengaruhi curah hujan di Batam. Demikian disampaikan Kepala Bagian Humas Badan Pengusahaan Batam Dwi Djoko Wiwoho, melalui Dendi G, Selasa (17/5).

“Ini tahun terakhir anggaran pembangunan multiyears, DAM Tembesi. Tapi proses desalinasi sudah bisa mulai berjalan tahun ini,” kata Dendi.
Dengan demikian, diperkirakan, sekitar 2013, air yang diproduksi DAM tembesi sudah bisa dinikmati masyarakat Batam. Cepat atau lambatnya air dari Tembesi bisa dinikmati masyarakat, akan dipengaruhi curah hujan.

“Tapi pengalaman dari DAM Duriangkang dulu, dua tahun sudah bisa. Untuk pertama, akan menghasilkan sekitar 600 liter per detik,” katanya.
Ditanya kemungkinannya target produksi air karena keberadaan limbahj B3 di sana, Dendi mengaku tidak tahu secara pastinya.

“Kalau itu harus menanyakan petinggi di bidang teknis. Mereka lebih paham,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bapedalda Batam, Dendi Purnomo mengakui, pihaknya kesulitan membersihkan limbah B3 di pinggir Dam Tembesi. Kesulitannya, karena proses pidana sedang berjalan. Menurut dia, sebelum akhir 2011, limbah sudah bersih dari kawasan Dam Tembesi. Saat ini, pihaknya belum bertindak sampai proses hukum selesai.(mbb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar