Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Selasa, 21 September 2010

Status Quo Relang Segera Dicabut

BATAM CENTRE- Walikota Batam, Ahmad Dahlan menegaskan status quo lahan di Pulau Rempang dan Galang (Relang) akan dicabut. Pemerintah sudah bisa mengeluarkan hak pengelolaan lahan (HPL) pada 2011 mendatang.

"Status lahan di Pulau Rempang dan Galang mulai mengalami titik terang. Setelah ada desakan Pemko Batam bersama Otorita Batam (OB) dan DPRD, akhirnya pusat mulai merespon dan rencana pada 2011 sudah bisa dikeluarkan HPL,"ujar Walikota Batam, Ahmad Dahlan, kemarin.

Mengenai siapa yang akan mengelola lahan di Relang? Walikota tidak mempermasalahkan hal itu. Namun yang terpenting adalah status quo bisa dicabut.

Disamping dicabut, tentunya kepastian dari BPN untuk bisa memberikan kepastian pengelolaan lahan dan sertifikat juga sangat dibutuhkan bagi yang akan berinvestasi di kawasan tersebut.

Menurutnya, Pemko Batam atau OB yang akan mengelola Relang sama saja. Keduanya adalah sama-sama badan pemerintahan di daerah untuk mengelola pengembangan Kota Batam. Pengembangan yang dilakukan OB saat ini masih terpusat untuk Pulau Batam, sedangkan Pemko Batam memang sudah mulai mengembangkan pulau dengan cara membangun infrastruktur jalan, pelantaran dan pendirian sekolah.

"Jika Pemko Batam yang mengelola Relang nantinya juga tidak ada masalah. Kami juga mempersiapkan mekanisme pengurusan permasalahan lahan dengan baik dan teratur,"kata Dahlan.

Ia mengatakan, kalau lahan di Relang dibiarkan dengan waktu yang tidak ditentukan, Batam akan rugi sendiri. Karena, pembangunan di daerah yang sudah tersedia jembatan dan jalan yang sangat memadai itu tidak bisa dilanjutkan dengan resmi oleh pihak mana pun.

Contohnya, meski ada sebagian pihak yang memanfaatkan lahan di Relang untuk kepentingannya, namun mereka tidak berani untuk mendirikan bangunan permanen. Ini dilakukan, karena lahan di Relang belum jelas dan tidak ada dokumen yang bisa dikeluarkan untuk mengesahkan lahan itu. (sm/rl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar