Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 16 September 2010

Proyek Gerbang Kota Dibatalkan, Akibat Anggaran Defisit Rp43 M





Kamis, 16 September 2010 09:22 (sumber Batam Pos,versi asli)


Pembangunan
gerbang kota yang semula direncanakan tahun anggaran 2010 ini, akhirnya dibatalkan. Pasalnya, anggaran Pemerintah Kota (Pemko) Batam mengalami defisit Rp43 miliar.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Dinas Tata Kota (Distako) Kota Batam, Gintoyono. Menurutnya, anggaran merupakan alasan utama. ”Pertimbangannya masih banyak pos anggaran yang lebih mendesak,” katanya.

Saat ini, proyek tersebut sudah masuk tahap lelang. Karena proyeknya dibatalkan, sehingga lelangnya pun dibatalkan. Namun, Pemko Batam tak putus asa dan akan menganggarkannya tahun depan, 2011. ”Apabila anggaran mencukupi, kita ajukan lagi tahun depan,” paparnya.

Ketua Fraksi PKB DPRD Kota Batam, M Jefri Simanjuntak, mengatakan, pembatalan proyek yang menelan anggaran Rp3,1 miliar tersebut karena tuntutan anggaran yang tak memungkinkan. ”Kita alihkan ke hal yang lebih penting seperti anggaran KPU dan pembayaran pinjaman utang Pemko Batam,” katanya kemarin.

Selain itu, jelas Jefri, juga terkait rencana pembangunan jalan tol oleh Otorita Batam (OB). ”Gerbang ini akan menghalangi seandainya di Batam dibuat jalan tol. Masa harus dibongkar lagi,” papar Jefri.

Selain itu, jelas Jefri, juga melihat dari urgensi dan kebutuhan. Menurut pertimbangan, pembangunan gerbang kota tak terlalu mendesak dilakukan. Jefri memaparkan, sebuah gerbang kota berfungsi sebagai pembatas suatu kota dengan kota lainnya. Sementara Batam tak berbatasan dengan kota manapun. ”Pertimbangan ini juga sudah dibicarakan dengan Pemko Batam. Dinas Tata Kota menyetujui untuk dibatalkan,” akunya.

Selain proyek gerbang kota, ada beberapa proyek lain yang batal dilaksanakan tahun ini. Di antaranya pembangunan sarana prasarana pemuda dan olahraga yang menelan anggaran Rp1,2 miliar, pengembangan penataan objek wisata yang menelan anggaran Rp1,6 miliar, penyusunan perencanaan program kegiatan Dinas Pendidikan yang menelan anggaran Rp350 juta, pembangunan ruang kelas baru SDN 010 Bengkong yang menelan anggaran Rp391 juta serta pembangunan asrama SMKN 1 Batam yang menelan anggaran Rp179 juta. (evi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar