Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 08 Juni 2011

Pengusaha Dimintai Ratusan Juta

Wednesday, 8 June 2011 (sumber Batam Pos)

Mengaku Utusan Pejabat Bea Cukai
Sejumlah pengusaha dimintai duit hingga ratusan juta oleh orang tak bertanggungjawab yang mengaku utusan pejabat Bea Cukai Batam dengan dalih bisa melancarkan bisnis mereka yang sempat tenggelam di Batam. Dalam dua pekan belakangan sedikitnya tujuh pengusaha dimintai uang.

”Sudah dua minggu ini, ada tujuh pengusaha yang datang ke ruangan saya. Mereka semua berniat membuktikan apa benar saya minta sejumlah setoran melalui orang yang mengaku-ngaku utusan saya,” ujar salah satu pejabat Bagian Penindakan Bea Cukai Batam, Yana.

Yana mengaku, oknum yang mencatut namanya untuk memalak para pengusaha ini, sekali minta setoran jumlahnya paling sedikit Rp15 juta. Bahkan katanya, ada salah satu pengusaha Batam yang dimintai hampir mendekati nominal Rp100 juta.

Bukan hanya pejabat BC dilingkungan penindakan saja yang dicatut namanya untuk memalak para pengusaha di Batam. Dari bidang lainpun saat ini, kata Yana ada juga yang namanya disalah gunakan untuk tujuan yang tak benar.

“Saya sangat berterima kasih kepada pengusaha yang hampir kena tipu oknum yang menjual nama instansi saya, mau datang mengecek langsung kebenarannya. Mereka yang datang ke kantor BC memang belum sempat memberikan sejumlah uang kepada penipu,” katanya.

Seandainya para pengusaha yang datang ke kantor BC tak jumpa, Yana mengatakan, berapa duit yang bisa diraup penipu ini. Berdasarkan keterangan pengusaha yang mengecek langsung ke BC tentang kebenaran info dari oknum penipu ini, Kata Yana, sebelum penipu ini berani bertatap muka langsung dengan pengusaha yang sudah diincarnya, awalnya mereka berhubungan melalui nomor ponsel.

“Nomor ponselnya pun banyak yang memakai nomor Jakarta lagi. Hampir seluruh digit nomor pelaku semuanya merupakan nomor cantik yang biasa dipakai para pejabat maupun pengusaha,” terangnya.

Yana menghimbau, kepada seluruh pengusaha maupun yang instansi lainnya di Batam, seandainya ada orang yang mengaku utusan dari Dirjen BC Batam yang meminta sejumlah uang ataupun lainnya agar segera di cek langsung ke kantor BC Batam tentang kebenarannya.

“Dalam waktu dekat akan kita sosialisasikan bahwa tak ada sama sekali petugas maupun pejabat BC yang meminta-minta kepada para pengusaha di Batam. Laporan tujuh orang pengusaha yang hampir jadi korban penipuan, akan kita pelajari dan akan kita usut serta selidiki,” jelasnya. (galih)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar