Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Selasa, 07 Juni 2011

Kerusakan Jembatan Makin Parah

Tuesday, 7 June 2011 (sumber Batam Pos)

Jembatan penyeberangan Tiban Kampung semakin tak terawat. Jembatan yang menghubungkan Tiban Kampung dan Tiban Center itu rusak parah, bukan hanya di lantai, namun juga atap. Meski kerusakan parah sudah terjadi, namun warga tetap memfungsikan jembatan tersebut sebagai jembatan penyeberangan. “Sebenarnya takut, tapi ya gimana, ditanyain juga ke kami kalau toh tak ada tindak lanjut dari pemerintah mau apa,” ujar Sri, 36 seorang penyeberang kepada Batam Pos, kemarin.

Jembatan Tiban Kampung sendiri pernah rusak parah saat truk pengangkat pipa menabrak salah satu tiang penyangga, yang menyebabkan jembatan tersebut miring 2008 lalu. Sempat ada perbaikan, namun tidak selesai dengan sempurna.

Lubis, warga Tiban Kampung mengatakan jembatan tersebut sempat dibongkar dan diperbaiki. Namun hanya sebatas penggantian tiang penyangga saja, tanpa ada perbaikan atap dan lantainya yang sudah retak dan sebagian menganga. ”Anak kecil bisa terperosok disitu,” ujarnya.

Bukan hanya jembatan penyeberangan, kerusakan parah juga terjadi pada halte bus di bawah jembatan dan juga laluan busway. Ada empat lubang besar menganga di laluan busway tersebut.

Pengawas Busway yang bertugas di halte tersebut mengatakan kerusakan areal jembatan penyeberangan Tiban Kampung, halte dan juga jalan laluan busway tersebut sudah lama terjadi. “Sudah sejak 2008 kalau tidak salah, namun sampai sekarang belum ada perbaikan,” ujarnya.

Meski aspal tersebut kian tahun tidak dibenahi Pemko, namun dia bersama rekannya mengambil inisiatif membawa sampah semen menambal jalan berlubang.

“Minta tolong sama teman yang bawa truk, menimbun lubang-lubang ini, tapi tetap saja kembali berlubang karena hujan. Makanya busway sudah jarang melewati laluan ini, dan lebih sering dijadikan parkir kendaraan saja dengan terpaksa kala hujan,” ujarnya.

Warga setempat berharap, Pemko Batam lebih bijaksana menentukan setiap proyek infrastruktur di Batam.

“Pemko harusnya membuat pendataan, yang mana fasilitas publik yang harus cepat diperbaiki. Kawasan ini sudah lama rusak, drainase bawah jembatan ini saja tidak berfungsi. Lihat itu, kalau huj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar