Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 16 Juni 2011

Jalan di Batam Perlu Direvitalisasi

(sumber Haluan Kepri)
Kamis, 16 June 2011

BATAM CENTRE- Wakil Ketua Kadin Provinsi Kepri Bidang Kontruksi, Konsultasi dan Infrastruktur, Endra Mayendra mengatakan, pemerintah di Batam perlu melakukan revitalisasi terhadap jalan-jalan di Batam, baik itu jalan arteri maupun kolektor utama.
Secara teknis, kata Endra, jka dilihat dari asumsi-asumsi yang dipakai pada tahapan perencanaan jalan pada awal dibangun, sudah tidak bisa lagi menampung pertumbuhan kendaraan baik dari segi jumlah, berat kendaraan hingga ketersediaan drainase. Termasuk pula perkembangan penggunaan lahan.

"Dan saat ini pun, kemungkinan umur rencana jalan sudah terlewati. Itulah kenapa diperlukan revitalisasi terhadap seluruh ruas jalan arteri maupun kolektor utama yang ada di Batam ini," kata Endra di Batam Centre, kemarin.

Namun, untuk revitalisasi tersebut, menurut Endra yang juga Sekretaris Umum LPJKD Provinsi Kepri ini, membutuhkan biaya yang cukup besar. Sementara, saat ini anggaran di Pemko Batam sedang defisit.

Meski ia mengaku pesimis perbaikan infrastruktur akan terealisasi mengingat defisitnya APBD Batam, namun, kata Endra, pemerintah bisa mencari solusi yakni dengan sistem pendanaan multiyears (proyek tahun jamak). Dengan demikian, proses perbaikan jalan tersebut dapat dilakukan secara berkesinambungan.

Endra menegaskan, masalah kerusakan jalan hendaknya tidak hanya dibebankan kepada Pemko Batam dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum. Badan Pengusahaan (BP) Batam, kata dia, harusnya juga ikut memikirkan masalah ini. Pasalnya, infrastruktur yang buruk berdampak besar terhadap iklim investasi di daerah ini.

"Saya rasa pihak BP Batam dapat ikut serta dalam pembangunan jalan strategis terutama yang menuju daerah-daerah industri dan masyarakat. Intansi terkait juga harus menjaga agar tidak terjadi pelanggaran terhadap overload beban kendaraan dikarenakan hal tersebut dapat memperpendek umur jalan," tandasnya. (tea)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar