Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 23 November 2015

Komunitas Sepeda se-Kota Batam Tanam 1200 Pohon di Dam Duriangkang



 Senin, 23 November 2015 (Sumber: Batam Pos)

Komunitas Sepeda BP Batam dan Sepeda Batam, Dinas Pertanian Kehutanan dan Peternakan Provinsi Kepri, KODIM 0316 Batam, Polda Kepri, Pramuka, Peserta Pendidikan Bela Negara, Forum Komunitas Hijau,  PT ATB dan Bank BRI Cabang Batam saat menanam pohon di area Dam Duriangkang, Minggu (22/11).  Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos
Komunitas Sepeda BP Batam dan Sepeda Batam, Dinas Pertanian Kehutanan dan Peternakan Provinsi Kepri, KODIM 0316 Batam, Polda Kepri, Pramuka, Peserta Pendidikan Bela Negara, Forum Komunitas Hijau, PT ATB dan Bank BRI Cabang Batam saat menanam pohon di area Dam Duriangkang, Minggu (22/11).
Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos




batampos.co.id – Dalam rangka memperingati hari pohon sedunia. Komunitas sepeda di Batam menggelar penghijauan di sekitar dam Duriangkang, Minggu(22/11). Sebanyak 1200 batang pohon di daerah tangkapan air atau catchment area itu ditanam. 

Komunitas Sepeda BP Batam (BIFZA Cycling Community/BCC) dan komunitas sepeda se-Kota Batam menggelar acara ini dengan mengambil tema ‘satu pohon yang ditanam di daerah tangkapan air dapat menjaga kelestarian air waduk’.

“Ini sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi daerah tangkapan air yang sudah gundul sehingga perlu dilakukan penghijauan demi ketahanan air di Pulau Batam yang harus terus dilestarikan dan dijaga,” Kata Nur Syafriadi, Deputy bidang pengusahaan sarana usaha lainnya BP Batam.

Nur mengucapkan terimakasih kepada semua peserta yang dianggapnya sebagai pahlawan-pahlawan penghijauan. Penghijauan ini akan sangat bermanfaat untuk menambah persediaan air baku yang saat ini sudah sangat memprihatinkan dengan debit air yang terus berkurang.

“Hari Pohon Sedunia ini juga dijadikan momentum untuk mengingatkan kembali pentingnya peran dan fungsi pohon bagi kehidupan mahkluk hidup di muka bumi,” ujarnya.
Budi Susilo, ketua panitia mengatakan peran dari semua pihak untuk menjaga kelestarian lingkungan sangat dibutuhkan.

“Semakin hari dampak pemanasan global di bumi tidak dapat diabaikan dan dibiarkan begitu saja. Bentuk kepedulian terhadap lingkungan diwujudkan dengan menanam pohon. Dengan penanaman pohon akan menghijaukan kembali kawasan hutan lindung yang berada di catchment area waduk. Sehingga diharapkan akan dapat menciptakan daerah tangkapan air lebih maksimal terutama saat musim hujan tiba,” katanya.

Budi mengatakan dari sekitar 1200 pohon yang ditanam, 700 batang di antaranya dari BP Batam dan 500 batang lainnya dari Provinsi Kepri. Pohon yg ditanam berbagai jenis seperti saingon, mahoni, trembesi, saga, dan andira. “Sudah 1200 kita tanam, mudah-mudahan tahun mendatang akan lebih banyak lagi,” ujarnya.

Selain dari BP Batam dan Kegiatan ini melibatkan sekitar 500 orang antara lain berasal dari komunitas sepeda se-Batam, Dinas Pertanian Kehutanan dan Peternakan Provinsi Kepri, TNI dari KODIM 0316 Batam, Polda Kepri, Pramuka, Peserta Pendidikan Bela Negara yang dididik di Lantamal Tanjung Pinang, Forum Komunitas Hijau, serta didukung oleh PT ATB dan Bank BRI Cabang Batam. (ian/bpos)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar