Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Selasa, 24 November 2015

Komunitas Sepeda Batam Hijaukan Dam Duriangkang

Selasa, 24 November 2015 (Sumber: Antara Kepri)

Batam (Antara Kepri) - Komunitas Sepeda BP Batam (BIFZA Cycling Community/BCC) dan komunitas sepeda se-Kota Batam, Minggu, menanam ribuan pohon pada lahan kritis kawasan tangkapan air Dam Duriangkang dengan tujuan agar bisa hijau kembali.

"Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi daerah tangkapan air yang sudah gundul sehingga perlu dilakukan penghijauan demi ketahanan air di Pulau Batam," kata Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Lainnya BP Batam, Nur Syafriadi dilokasi acara, Minggu.


Kegiatan yang dinamai Batam Peduli Hijau juga dilakukan dalam rangka memperingati Hari Pohon Sedunia yang jatuh pada setiap tanggal 21 November dan Hari Bakti BP Batam ke-44 pada 2015.

"Sebagaimana diketahui bersama bahwa kondisi persediaan air baku pada saat ini sudah sangat memprihatinkan dengan debit air semakin berkurang. Maka penghijuan mutlak dilakukan. Terimakasih kepada pahlawan-pahlawan penghijauan," kata dia.

Ketua Panitia Budi Susilo mengatakan, Hari Pohon Sedunia ini juga dijadikan momentum untuk mengingatkan kembali pentingnya peran dan fungsi pohon bagi kehidupan mahkluk hidup di muka bumi.

"Semakin hari dampak pemanasan global di bumi tidak dapat diabaikan dan dibiarkan begitu saja. Bentuk kepedulian terhadap lingkungan diwujudkan dengan menanam pohon," kata dia.

Ia meyakinkan dengan penanaman pohon akan menghijaukan kembali kawasan hutan lindung yang berada di catchment area waduk. Sehingga diharapkan akan dapat menciptakan daerah tangkapan air lebih maksimal terutama saat musim hujan tiba.

Adapun pohon yg akan ditanam berjumlah 1.200 batang pohon, BP Batam 700 batang pohon, 500 batang dari Prov Kepri, pohon yang ditanam berjenis saingon, mahoni, trembesi, saga, dan andira.

Kegiatan ini melibatkan sekitar 500 orang antara lain berasal dari komunitas sepeda se-Batam, Badan Pengusahaan (BP) Batam, Dinas Pertanian Kehutanan dan Peternakan Provinsi Kepri, TNI dari KODIM 0316 Batam, Polda Kepri, Pramuka, Peserta Pendidikan Bela Negara yang dididik di Lantamal Tanjung Pinang, Forum Komunitas Hijau, serta didukung oleh PT ATB dan Bank BRI Cabang Batam.

Diharapkan dengan kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi seluruh elemen pemerintah dan masyarakat Kota Batam lainnya untuk menumbuhkembangkan kepedulian terhadap lingkungan dan masa depan sumber air baku di masa yang akan datang. (Antara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar