Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Selasa, 17 November 2015

Kenalkan Dunia Pustaka, SD Yehonala Kunjungi Perpustakaan BP Batam

Selasa, 17 November 2015 (Sumber: Batam Today)

perpus-bp-yehonala.jpg
BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 53 siswa-siswi kelas 5 SD Yehonala Sei Panas, Batam Centre, dengan didampingi 3 guru pendamping melakukan kunjungan ke Perpustakaan Badan Pengusahaan (BP) Batam.

Kunjungan mereka disambut para pegawai Perpustakaan BP Batam dan 2 mahasiswi Praktek Pengenalan Lapangan (PPL) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Surya Simarmata, guru pendamping kunjungan siswa SD Yehonala, menjelaskan, maksud kunjungan para siswa SD Yehonala ke Perpustakaan BP Batam adalah untuk menunjukkan kepada siswa-siswi bahwa ada perpustakaan di Batam. 

"Selain itu, kunjungan ini bertujuan agar siswa-siswi juga mampu menyaring informasi yang tepat di era gadget saat ini," ucap Surya dalam sambutannya, Kamis (12/11/2015) lalu.

Aan Andriana, pegawai Perpustakaan BP Batam, dalam kesempatan itu mengatakan, perpustakaan BP Batam sangat mengapresiasi kunjungan para guru dan siswa SD Yehonala, karena hal ini merupakan upaya yang baik untuk meperkenalkan perpustakaan.

"Ini bagian dari menumbuhkembangkan minat baca sejak usia dini," kata Aan.

Tepat pukul 09.00 WIB rombongan tiba di perpustakaan, yang berada di Gedung B Pusat Teknologi dan Informasi BP Batam, dan disambut meriah oleh 5 pegawai Perpustakaan  BP Batam.

Dengan antusias dan semangat yang tinggi, sejumlah 53 siswa itu akhirnya dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama di lantai 1 (ruang multimedia dan audiovisual) dan kelompok kedua di lantai dua (ruang  pelayanan atau ruang baca). Hal ini dimaksudkan agar suasana lebih kondusif dan memudahkan penjelasan kepada siswa mengingat jumlah pengunjung yang cukup banyak.

Pada saat di ruang multimedia, siswa-siswi diberikan materi tentang pengenalan ruang audiovisual dan multimedia beserta fungsinya, yang dipandu oleh Deni Maulana dan Teguh Noor Ghozali. Kedua pegawai perpustakaan itu menjelaskan detil setiap pertanyaan yang dilontarkan siswa-siswi SD Yehonala. Tak hanya itu, siswa-siswi juga diputarkan salah satu koleksi bahan pustaka CD di ruang multimedia, serta video singkat tentang Perpustakaan BP Batam.

Kemudian di lantai dua, yaitu ruang pelayanan, siswa-siswi dijelaskan materi tentang perpustakaan dan koleksinya beserta fungsi ruang pelayanan yang dipandu oleh Nurshifa dan Asih Kusriana, mahasiswi PPL UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, secara bergantian. Di akhir presentasi ada sesi tanya jawab. Dengan antusias siswa-siswi mengajukan beberapa pertanyaan seputar perpustakaan BP Batam.

Selain itu, siswa-siswi juga ditunjukkan bagaimana menggunakan OPAC (online public access catalogue) yang dipandu oleh Aan Andriana dan Sapaomi. Dengan seksama siswa-siswi memperhatikan penjelasan dari Aan Andriana terkait cara menggunakan OPAC. Di samping itu, siswa-siswi juga diberi kebebasan untuk membaca buku-buku yang terdapat di perpustakaan. Mayoritas siswa-siswi memilih koleksi buku bergambar/komik dan ensiklopedia.

Untuk memotivasi siswa agar mencintai perpustakaan dan gemar membaca, mahasiswi PPL dari UIN Yogyakarta menayangkan film animasi kartun dengan judul The Fantastic Flying Books of Mr. Morris Lessmore.

Di akhir kunjungan, momen kunjungan ini dilakukan foto bersama, serta penyerahan cinderamata dari Perpustakaan BP Batam kepada SD Yehonala, berupa 4 buah buku tentang Mengungkap Fakta Pembangunan Batam era Ibnu Sutowo - J.B. Sumarlin, era Habibie, era Ismeth Abdullah - J.E. Habibie - Mustofa Widjaja, serta buku foto Jepret Batam dari Laut sebagai koleksi buku SD Yehonala. Begitu pula sebaliknya, SD Yehonala memberikan cinderamata kepada Perpustakaan BP Batam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar